Media Tomohon Diminta Ikut Awasi Jalannya Putungsura Pemilu 2024

0
58

METROklik – Peran media bisa ikut memantau dan mengawasi jalannya pemungutan dan penghitungan surat suara (Putungsura) di TPS pada hari pemungutun suara.

Hal ini dikatakan Ketua Presidium JADI Sulut Johnny Alexander Suak, selaku narasumber pada kegiatan Publikasi dan Dokumentasi Pengawasan Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu 2024, bertempat di Grand Master Resort Tomohon, Minggu (11/02/2024).

“Tujuan dari Publikasi dan Dokumentasi Pengawasan Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu 2024 adalah untuk mencapai transparansi, akuntabilitas, dan kredibilitas,” ujarnya di hadapan sejumlah wartawan.

Menurut Suak, pengawasan yang efektif pada tahapan pemungutan dan penghitungan suara sangat penting untuk menjaga integritas dan transparansi proses pemilu.

Sementara Narasumber DR Irene Tangkawarow ST MISD, menjelaskan, mengenai peraturan-peraturan terkait pengawasan pemungutan dan penghitungan suara dalam Pemilihan Umum Tahun 2024, seperti Perbawaslu Nomor 1 Tahun 2024 dan Instruksi No 5 Tahun 2024 tentang Patroli Pengawasan pada Masa Tenang Pemilu Tahun 2024.

“Kegiatan diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pengawasan yang efektif dalam menjaga kualitas dan integritas pemilu,” ucapnya.

Sebelumnya, Pimpinan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tomohon, Handy Tumiwuda mengatakan peran media sangat penting pada Pemilu 2024, dalam mempublikasikan kinerja Bawaslu Tomohon.

“Tanpa adanya media, kinerja kami sebagai Bawaslu tidak akan terlihat oleh masyarakat,” kata Tumiwuda.

Dia menambahkan bahwa melalui kegiatan publikasi tersebut, Bawaslu Tomohon berharap semua tahapan pemungutan dan penghitungan suara dapat terdokumentasi dan dipublikasikan dengan baik. (hep)

Media-hut-kota-tomohon-minsel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here