Ini Tips Berhubungan Seks Pasca Melahirkan

METROklik – Banyak suami istri takut berhubungan seks setelah melahirkan. Namun ternyata tidak demikian.

Berhubungan intim setelah melahirkan bayi mungkin sesuatu yang enggan untuk Bunda lakukan, setidaknya untuk sementara waktu. Namun, tidak ada salahnya untuk Bunda pertimbangkan karena kehidupan seks yang sehat juga penting dalam menjaga hubungan baik suami istri.

Wajar saja bila pasca melahirkan anak pertama, Bunda merasa kurang bergairah untuk berhubungan seks. Tidak perlu khawatir karena selain Bunda, banyak orang yang turut merasakannya.

Sejumlah ganjalan bisa sangat terasa, mulai dari ketakutan akan rasa sakit pada luka bekas persalinan, kelelahan fisik, kurang tidur karena merawat bayi, serta tuntutan menjadi seorang ibu yang baru saja dimulai dan masih perlu waktu untuk beradaptasi.

Ditambah lagi, bila Bunda menyusui, hormon prolaktin yang bekerja memproduksi Air Susu Ibu (ASI) dapat mengurangi keinginan untuk berhubungan suami istri.

Lalu Kapan Bisa Berhubungan Seks Lagi?

Tunggulah sampai masa nifas atau perdarahan setelah melahirkan usai karena luka yang tersisa pada rahim butuh waktu pemulihan. Biasanya akan memakan waktu sekitar tiga minggu. Yang pasti, jangan dulu berhubungan seks hingga nifas benar-benar berhenti karena jika dipaksakan dapat menimbulkan infeksi.

Pada dasarnya, tiap perempuan memiliki kesiapan yang berbeda-beda untuk bisa berhubungan seks lagi setelah melahirkan. Tidak ada waktu yang pasti untuk memulai hubungan seks, karena berkaitan dengan kesiapan secara fisik dan emosional. Beberapa hal yang dapat dijadikan pertimbangan adalah metode persalinan dan kembali stabilnya hormon Bunda. (mei)

Sumber : Alodokter

(Visited 7 times, 1 visits today)
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan