Siapkan Bansos, Pemkab Minahasa Gandeng Forkopimda

0
352

METROklik Tondano – Pemerintah Kabupaten Minahasa menyadari dampak ekonominya terhadap masyarakat terutama yang berpenghasilan rendah, karenanya disiapkan Bantuan Sosial (Bansos) kepada mereka yang terdampak Covid-19 dan benar-benar layak dibantu.

Demikian terungkap dalam Rapat Forkopimda Minahasa yang dipimpin Bupati, Dr. Ir. Royke Octavian Roring MSi dan diikuti masing-masing Ketua DPRD, Glady Kandouw SE, Kapolre AKBP Denny Situmorang, Dandim 1302 Letkol. Slamet Raharjo dan Kajari Rahmat Taufani SH MKn serta Sekda Frits Muntu SSos.

“Untuk Bansos tersebut saat ini masih terus dikaji, baik dari segi kemampuan anggaran pemerintah dan kriteria penerima. Maupun dasar hukumnya agar dikemudian hari tidak bermasalah dengan aturan. Demikian juga halnya dengan pergeseran anggaran untuk kebutuhan penanganan Covid-19 ini, dalam pembahasannya akan turut disertakan personil yang berkompeten dari Kejaksaan Negeri dan Polres,” ujar Bupati.

Sementara itu, Bupati Roring mengapresiasi aparat keamanan, baik TNI maupun Polri yang melakukan sweeping terkait jam malam yang diberlakukan sesuai kesepakatan Gubernur se-Sulawesi yakni Pukil18.00-06.00. Dimana menurut Bupati, sweeping tersebut akan sangat bermanfaat untuk menertibkan yang belum taat himbauan yang disampaikan untuk tidak keluar rumah kecuali dalam kebutuhan untuk pangan maupun berobat.

Terkait sweeping kepada warga yang keluar rumah di luar waktu yang ditetapkan itu, kata Kapolres dan Dandim, tentu akan dilakukan oleh aparat secara tegas namun santun. Mereka memintakan juga kerjasama dengan Satuan Polisi Pamong Praja melakukan patroli di titik-titik kumpul warga.

Demikian juga terkait ketersediaan Sembilan Bahan Pokok (Sembako) dimintakan agar ada pemantauan intensif yang juga siap didukung Polres dan Kodim. Bupati juga kembali mengharapkan peran serta tokoh agama untuk menghimbau warga yang adalah anggota jemaat dan umat mereka agar dapat menerapkan social distancing. Serta mengingatkan untuk terus membudayakan hidup bersih dan sehat.

Para camat, hukum tua/lurah juga diminta memantau dan mengatur sebaik-baiknya para pendatang maupun Orang Dalam Pemantauan(ODP). Termasuk membuat pos jaga di setiap pintu masuk Kabupaten Minahasa. [sisil]

Editor : Gaudentius

hutri < IMG-20240617-WA0052

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here