Benarkah RSUP Kandou Sengaja Covid-kan Pasien? Ini Faktanya

0
444

METROklik – Belakangan ini pihak RSUP Kandou Manado, sering mendapat sorotan terkait penanganan pasien Covid-19. Bahkan ada pihak yang menuduh pihak rumah sakit sengaja meng-covid-kan pasien.

Terkait hal tersebut, pihak RSUP Kandou Manado memberikan klarifikasi, melalui Direktur Medik dan Keperawatan, dr Jehezkiel Panjaitan.

Dilansir dari Manadonews, penjelasan resminya sebagai berikut : Peralatan medis sekarang semakin maju sehingga lebih memudahkan untuk mengetahui pasien yang terpapar Covid-19 atau tidak.

“Banyak cara memeriksa untuk memastikan apakah pasien Covid atau tidak. Ada Antigen dan PCR,” ujar Jehezkiel Panjaitan pada sejumlah wartawan di RSUP Kandou, Jumat (06/08/2021).

Jehezkiel menjelaskan, kecurigaan dan opini negatif terhadap pihak rumah sakit sering berakibat konflik dengan keluarga ketika pasien Covid-19 akan dikebumikan.

“Potensi terjadi keributan oleh keluarga pasien dimulai di IGD, karena semua rumah sakit di Sulut merujuk pasien di RSUP Kandou. Rujukan sebagian besar sudah di swab antigen dengan hasil positif,” tukas dia.

Dijelaskan Jehezkiel, ketika pasien meninggal di IGD, itu menjadi pegangan pihaknya. “Ada keluarga yang menerima, ada yang tidak. Konsekuensinya dimakamkan dengan prosedur Covid-19 jika positif. Jika tak ada indikasi Covid, maka akan dikubur biasa,” ungkap Jehezkiel.

Dia menuturkan, PCR TCM menjadi dasar RSUP Kandou. Meski demikian masih banyak keluarga tidak mempercayai hasil pemeriksaan. “Contohnya, di rumah sakit awal negatif, tapi setelah uji klinis positif, maka akan ditetapkan positif,” katanya.

“Ada juga pasien yang meninggal dan diperiksa negatif, maka di bawah ke kamar jenazah biasa. Dan itu banyak serta tak diekspos. Intinya, keluarga keberatan dan tak bisa menerima dimakamkan dengan protokol Covid,” tandasnya.

Lebih lanjut Jehezkiel menjelaskan, rata-rata pasien yang dirujuk adalah pasien berat dan kritis. “Semua yang kami lakukan ini merupakan regulasi pemerintah yang harus kami patuhi. Jadi, anggapan RSUP Kandou sengaja meng-covid-kan pasien, itu tidak benar,” tepisnya. (hgp)

Media-hut-kota-tomohon-minsel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here