Ini Faktanya, 5 Penambang Emas di Bolmong Tewas Secara Tragis

0
269

Warga berbondong-bondong melakukan evakuasi pada kelima korban

METROklik – Nasib tragis di alami 5 penambang emas di daerah Bolaang Mongondow (Bolmong), masing-masing, Ril Mamonto (21) warga Desa Bakan, Doli Mamonto (45) warga Desa Bakan, Ahmadi (36) warga Desa Bakan, Repi Mamonto (23) warga Desa Ikuna, dan Ras Paputungan (45) warga Desa Bakan.

Kelima penambang ini ditemukan tewas, diduga akibat keracunan zat asam di kawasan pertambangan emas di wilayah Blok Bakan, tepatnya di kawasan PT JRBM, yang terletak di Desa Bakan, Kecamatan Lolayan, Kabupaten Bolmong, Rabu (08/09/2021).

Fakta yang diperoleh, pada Senin (06/09/2021), sekitar pukul 17.00 WITA, Doli mengajak 4 temannya untuk ke lokasi melakukan aktivitas pertambangan, yang diketahui ilegal.

Pada Rabu (08/09/2021) malam, kelima korban belum kembali ke rumah tanpa ada kabar, sehingga pihak keluarga mereka merasa cemas. Keluarga pun mengambil keputusan untuk mencari mereka di lokasi pertambangan.

Alangkah kagetnya, menemukan kelima korban ternyata sudah tewas dalam lubang tambang. “Indikasi sementara mereka ditemukan meninggal dunia karena keracunan zat asam dalam lubang,” ujar Kapolsek Lolayan AKP Joel Lalensang, Kamis (09/09/2021).

Kapolsek menambahkan, pada Kamis pagi sekitar pukul 09.00 WITA, kelima korban telah dievakuasi ke rumah masing-masing, sambil menunggu petugas medis melakukan pemeriksaan.(hgp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here