CSWL Tegaskan Sejumlah Hal Kepada PD Atas Capaian Realisasi Anggaran

0
105

METROklik – Walikota Tomohon Caroll JA Senduk SH dan Wakil Walikota Wenny Lumentut SE (CSWL) menegaskan sejumlah hal kepada Perangkat Daerah (PD) dilingkup Pemkot Tomohon terkait atas capaian realisasi anggaran.

Hal ini disampaikan, dalam Rapat Koordinasi Evaluasi dan Pengawasan Realisasi Anggaran (EPRA) Pemerintah Kota Tomohon Periode bulan 1 Januari s/d 22 November Tahun Anggaran 2021 yang dilaksanakan di Rumah Dinas Walikota, Selasa (23/11/2021).

Menurut Lumentut mewakili Walikota saat memberikan sambutan mengatakan, dengan melihat hari kerja efektif kurang lebih 22 hari, semua pimpinan OPD harus dapat melaksanakan pengendalian internal atas pengelolaan keuangan dan seluruh kegiatan di lingkup OPD-nya sehingga seluruh kegiatan yang telah dianggarkan dapat terselesaikan dengan baik dan tepat waktu dengan kualitas hasil yang memuaskan.

“Selain itu meningkatkan akselerasi belanja dengan melakukan terobosan-terobosan yang dapat meningkatkan realisasi. Disamping itu mengidentifikasi pos-pos belanja, baik belanja operasi dan belanja modal yang realisasinya rendah agar segera melakukan langkah-langkah konkrit, memperhatikan Surat Edaran Walikota tentang jadwal menghadapi akhir tahun anggaran 2021,” ungkapnya.

Lebih lanjut Lumentut menegaskan, guna evaluasi pelaksanaan seluruh kegiatan termasuk kecamatan berkewajiban untuk mengentry data realisasi kegiatan kedalam aplikasi TEPRA pusat dan menyampaikan soft copy laporan bulanan selambat-lambatnya tanggal 10 bulan berikutnya melalui bagian administrasi pembangunan, sehingga dapat mewujudkan Tomohon hebat, maju, berdaya saing dan sejahtera.

Sebelumnya, Ketua Tim Evaluasi dan Pengawasan Realisasi Anggaran (TEPRA) Drs Gerardus Mogi juga sebagai Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah Kota Tomohon didampingi Sekretaris TEPRA Harny Korompis SE sebagai Kabag Administrasi Pembangunan Setda Kota Tomohon  menjelaskan, salah satu bentuk pengawasan keuangan daerah meliputi evaluasi atas pelaksanaan APBD termasuk penyerapannya oleh TEPRA.

“Percepatan penyerapan menjadi salah satu fokus pemerintah untuk peningkatan pertumbuhan ekonomi dan mewujudkan pemerintahan yang baik. Dimana diantaranya ada pelaksanaan pemerintahan yang lebih berdaya guna, berhasil guna, bersih dan bertanggungjawab serta untuk lebih memantapkan pelaksanaan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah sebagai wujud pertanggungjawaban dalam mencapai tujuan pemerintahan,” terang Mogi.

Hadir mendampingi Wakil Walikota, Assisten Umum Setda Kota Tomohon Drs O D S Mandagi dengan peserta kegiatan dari unsur OPD Kota Tomohon. (ino)

IMG-20240405-202949 Pink-Simple-3-D-Ornament-Valentine-s-Day-Party-Invitation-20240410-095255-0000 Pink-Simple-3-D-Ornament-Valentine-s-Day-Party-Invitation-20240331-112737-0000

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here