Urban Economy Festival Dorong UMKM Sulut Jadi Sektor Prioritas Berdaya Saing

0
136

METROklik – Dalam rangka mendukung percepatan pertumbuhan ekonomi Sulawesi Utara (Sulut) diperlukan dukungan UMKM yang mumpuni dan berdaya saing.

Hal ini dikatakan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sulut Andry Prasmuka, pada pembukaan Urban Economy Festival, bertempat di Manado Town Square (Mantos) Selasa (11/07/2023).

“UMKM perlu dibekali pelatihan, workshop, dan akses pembiayaan yang berkelanjutan. Menjawab kebutuhan tersebut, Bank Indonesia Sulut kembali menyelenggarakan The 5th Urban Economy Festival dengan tema Sinergi Mendorong UMKM Sektor Prioritas Berdaya Saing,” ujar Andry.

Lanjut dia, kegiatan tersebut dilakukan dengan mengutamakan kolaborasi dan sinergi dengan berbagai pihak terkait dalam mendorong UMKM di Sulut. Dengan semangat tersebut, kegiatan The 5th Urban Economy Festival ini dilaksanakan sejalan dengan kegiatan Manado Expo 2023, dan Manado Fashion Week sebagai bagian dari turut memeriahkan HUT Kota Manado yang ke-400.

“Melalui kegiatan The 5th Urban Economy Festival ini, diharapkan semakin tumbuh pemahaman dan perhatian akan pentingnya pengembangan UMKM sektor-sektor prioritas yang berdaya saing di Sulut. Antara lain meliputi pariwisata, pertanian, dan perikanan,” jelasnya.

Dikatakannya, untuk memperkuat dukungan bagi UMKM dalam memperoleh pasar luar negeri, juga diadakan talkshow peluang ekspor produk UMKM dengan mengundang pembicara dari Kakanwil Bea dan Cukai Sulbagtara, Kadin Sulut, dan PT Tanivest Agro Development yang merupakan aggregator ekspor dan Komunitas Sulutgo Ekspor.

“Selain merupakan ajang promosi UMKM, The 5th Urban Economy Festival juga melakukan kegiatan pendukung lainnya, yaitu edukasi dan literasi terkait. Cinta bangga paham rupiah, peningkatan transaksi digital dan perlindungan konsumen,” terang Andry.

Dia menambahkan, Bank Indonesia juga menggencarkan penggunaan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) sebagai metode pembayaran yang efisien dan aman dalam setiap transaksi pada booth UMKM yang tersedia pada festival. Melalui adopsi QRIS tersebut, diharapkan ekosistem perekonomian digital di Sulawesi Utara dapat semakin berkembang. (hep)

IMG-20240405-202949 Pink-Simple-3-D-Ornament-Valentine-s-Day-Party-Invitation-20240410-095255-0000 Pink-Simple-3-D-Ornament-Valentine-s-Day-Party-Invitation-20240331-112737-0000

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here