Pukau Puluhan Ribu Pengunjung, 28 Float Tampil Gemilang di ToF 2023

0
443

METROklik – 28 Float yang mengikuti Turnament of Flower (ToF) tahun 2023, mampu tampil gemilang sehingga memukau puluhan ribu pengunjung yang menyaksikan langsung agenda bertaraf internasional tersebut, Sabtu (12/08/2023).

Agenda utama Tomohon International Flower Festival (TIFF) tahun 2023 ini, dimulai sekira pukul 10.00 WITA.

Ke 28 Float ini, masing-masing, Kemenparekraf , PGE Lahendong, Bank Indonesia, Bank BRI, Bank BCA, Bhayangkari Polda Sulut, Middle East, Jepang, Saychelles, Asean, African Union, Eurepean Union, Negara Sahabat, Kabupaten Parigi Moutong, Bank Sulutgo, Bank BNI, PLN, Kota Manado, Kabupaten Sangihe, PT Pupuk Kaltim, PT MSM, Kota Bitung, Kawanua Sedunia, Kabupaten Minahasa, Benteng Jewelry, Kabupaten Minahasa Utara, Pegadaian dan OJK.

Walikota Tomohon Caroll Senduk mengatakan, 28 Float yang tampil saat ini semuanya adalah karya orang Tomohon. “Dekoratornya semua asal Kota Tomohon. Mereka kian profesional saat ini, karena setiap tahun mereka yang menjadi dekoratornya,” ujar Senduk.

Walikota menambahkan, semua bunga yang menghiasi float-float yang tampil luar biasa saat ini, adalah hasil dari petani Kota Tomohon. Dengan begitu ada pemberdayaan ekonomi petani di kegiatan ToF ini. “Bunga-bunga tidak ada dari luar daerah, semuanya hasil petani Kota Tomohon,” tegasnya.

Di tempat terpisah, Ketua Asosiasi Bunga Indonesia (Aspindo) Hesty Widayani, pada METROklik mengakui, float-float yang tampil saat ini semuanya bagus dan indah. “Setiap tahun ada peningkatan bentuk dan cara menghiasinya,” ungkap Widayani, yang juga merupakan juri pada ToF 2023 ini. (hep)

IMG-20240617-WA0052

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here