Bawaslu Tomohon Gandeng Media Awasi Pemilu 2024

0
364

METROklik – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tomohon menggandeng media dalam rangka pengawasan jalannya Pemilu tahun 2024.

Hal ini pun terlihat melalui kegiatan sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif. Peran serta media dalam pengawasan penyelenggaraan Pemilu di Kota Tomohon 2024. Kegiatan ini berlangsung di Grand Master Resort, Selasa (26/09/2023).

Ketua Bawaslu Kota Tomohon, Stenly Kowaas didampingi Sekretaris Bawaslu Vermon Mamuaya, mengatakan kegiatan ini dalam rangka upaya meningkatkan pengawasan dalam menyongsong Pemilu Serentak yang akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024 mendatang. “Peran media sangat penting dalam mengedukasi masyarakat tentang Pemilu,” ujar Stenly.

Lanjut dia, pertemuan dengan awak media ini merupakan komitmen Bawaslu Tomohon dalam membangun sinergitas dalam rangka melibatkan para jurnalis dalam melakukan pengawasan.

“Peran serta pekerja pers sangat penting untuk menjadikan Pemilu yang berkualitas agar pemilu kali ini bisa naik level yang lebih ke atas,” ucap Stenly.

Sementara itu, Staf Ahli Bidang SDM Bawaslu RI Fentje Bawengan, selaku narasumber lewat via zoom menyampaikan bahwa peran media sangat berperan penting dalam pengawasan Pemilu.

“Karena kerjasama antara KPU, Bawaslu, KPI dan Dewan Pers ini dapat meminimalisir terjadinya dugaaan pelanggaran. Karena lewat organisasi ini pasti mereka terus menjabarkan apa kerjasama yang dilakukan oleh Bawaslu, KPU  dan Dewan Pers serta KPI,” jelasnya.

Dikatakannya melibatkan kerjasama dengan awak media ini adalah jurus paling jitu dilakukan dalam rangka pengawasan partisipatif melalui mass media.

“Karena pemberitaan dari para media nantinya akan berorientasi pada menurunnya angka penundaan pelanggaran  Untuk itu, peran media terkait publikasi hasil pengawasan sangat kami perlu,” ujar Fentje. (hep)

hutri < IMG-20240617-WA0052

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here