PKM PENINGKATAN GIZI UNTUK PENCEGAHAN STUNTING MELALUI PENDAMPINGAN PEMBUATAN NUGGET DAN ICE CREAM, PADA ORANG TUA ANAK – ANAK TK GMIM SION WINANGUN, KECAMATAN MALALAYANG, KOTA MANADO, PROVINSI SULAWESI UTARA

0
252

TIM PKM Fakultas Peternakan Universitas Sam Ratulangi melaksanakan kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM), di TK GMIM SION Winangun. TK GMIM SION Winangun terletak di Kelurahan Winangun Satu, jumlah anak yang belajar di TK ini sebanyak 23 orang anak dan dididik oleh 3 orang guru. Satu orang guru telah mengikuti pelatihan motivator stunting.

Orang tua yang menjadi sasaran kegiatan ini umumnya masih muda sehingga perlu pembekalan agar memiliki pengetahuan tentang stunting dan pencegahanya yang sangat berguna untuk kelahiran anak berikutnya, harus memperhatikan gizinya mulai dari ibu hamil, juga disaat menyusui dan memperhatikan pertumbuhan bayi.

Kegiatan yang dilakukan adalah penyuluhan tentang stunting. Stunting adalah kondisi ketika balita memiliki tinggi badan dibawah rata-rata, hal ini diakibatkan asupan gizi yang diberikan, dalam waktu yang panjang, tidak sesuai dengan kebutuhan. Stunting berpotensi memperlambat perkembangan otak, dengan dampak jangka panjang berupa keterbelakangan mental, rendahnya kemampuan belajar, dan risiko serangan penyakit kronis seperti diabetes, hipertensi, hingga obesitas.

Penyampaian meteri mengenai stunting dalam kegiatan edukasi ini menyangkut definisi stunting, situasi stunting di Indonesia, tanda dan gejala stunting, pentingnya asupan gizi dan bahaya stunting bagi perkembangan anak-anak. Kesadaran masyarakat tentang stunting dan keadaan stunting nasional sangat penting sehingga menjadi bagian dalam upaya menurunkan angka stunting di Indonesia.

Selain itu juga dijelaskan tentang pentingnya pengetahuan tentang gizi yang juga turut mencegah kejadian stunting. Stunting disebabkan oleh faktor multidimensi, salah satunya adalah kurangnya asupan makanan bergizi, yang berdampak pada tingkat kecerdasan, kerentanan terhadap penyakit, menurunkan produktivitas, menghambat pertumbuhan ekonomi, meningkatkan kemiskinan dan kesenjangan.

Upaya-upaya pencegahan stunting antara lain perlu langkah langkah strategis untuk meningkatkan pola makan sehat untuk ibu dan anak-anak. Gizi ibu yang baik dapat membantu memastikan bayi sehat sejak lahir dan mencegah berat badan lahir rendah dan stunting. Selain itu, pemberian Makanan Pendamping ASI yang tepat dan sesuai rekomendasi dapat membantu mencegah stunting, serta memperkenalkan kebiasaan makan sehat. 

Nugget dan ice cream merupakan salah satu produk pangan yang bergizi dan sangat disukai anak-anak, sehingga baik untuk anak-anak. Kegiatan lain yang dilakukan adalah pendampingan pembuatan Nugget dan ice cream. Nugget dan Ice cream merupakan salah satu bahan pangan sumber gizi dan sangat disenangi baik orang dewasa maupun anak-anak.

Nugget dan ice cream mudah dibuat dan terjamin kualitasnya jika dibuat sendiri sekaligus menjadi salah satu usaha untuk menambah pendapatan keluarga. Selain penyuluhan dan pendampingan pembuatan nugget dan ice cream juga dilakukan penimbangan berat badan dan pengukuran tinggi badan anak anak TK. Dan pemberian nugget dan ice cream pada anak-anak TK.

Kegiatan yang dilakukan Tim PKM Fakultas peternakan berupa penyuluhan tentang stunting dan pendampingan pembuatan nugget dan ice cream kepada orang tua murid TK GMIM SION Winangun, dimaksudkan untuk mendukung upaya pemerintah menurunkan angka stunting di Indonesia secara khusus di Sulawesi Utara.

Pendampingan pembuatan nugget dan Ice cream pada orang tua murid TK
Pengukuran tinggi dan berat badan anak-anak TK GMIM SION Winangun

(advetorial)
hutri < IMG-20240617-WA0052

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here