Merinding, Aksi Tang Sin di Manado

0
379

METROklik – Aksi Tang Sin atau Ence Pia di perayaan Cap Go Meh di Kota Manado, setiap tahun dinanti-nantikan oleh masyarakat setempat.

Kali ini perayaan Cap Go Meh jatuh pada Sabtu (24/02/2024), setelah hitungan 14 hari setelah hari raya Imlek. Khusus di Kota Manado aksi para Tang Sin ini mendebarkan ribuan masyarakat yang menontonnya.

Informasi yang diperoleh ada 13 Tang Sin yang beraksi. Mereka dengan menggenggam pedang mengayunkan  ke depan dan ke belakang hingga menyentuh tubuh bagian belakang.

Para Tang Sin ini juga menusuk wajahnya dengan kawat, dari pipi yang satu menembus pipi sebelahnya. Terlihat juga mereka mengiris lidahnya dengan pedang yang digenggamnya.  Menariknya, saat beraksi sebagian besar dari mereka tubuhnya tidak  mengeluarkan darah. “Ih ngeri. Wajah mereka ditusuk sendiri,” ujar Irma, yang mengaku seorang mahasiswi saat menonton.

Diketahui, prosesi Cap Go Meh di Manado dimulai dari samping Kelenteng Ban Hin Kiong di Jalan DI Pandjaitan melewati panggung utama. Kemudian mengarah ke Jalan Sisingamangaraja, lurus ke arah Jembatan Megawati, kemudian belok ke arah Jalan S Tubun sampai Jalan DR Soetomo.

Selanjutnya masuk ke Jalan Walanda Maramis lurus ke Jalan Siswomiharjo dan kembali ke jalan DI Panjaitan sebelum finis kembali ke Klenteng Ban Hin Kiong. Dibuka dengan parade non ritual lebih dahulu, kemudian ada parade ritual. (mew)

IMG-20240617-WA0052

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here