Pemkot Tomohon Tingkatkan Kualitas Penyelenggaraan Pemerintahan

0
81

METROklik – Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon di bawah kepemimpinan Walikota Caroll Senduk, terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintahan.

Hal ini dibuktikan dengan kegiatan Bimtek Peningkatan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) di Lingkungan Pemerintah Kota Tomohon Tahun Anggaran 2024, di Wise Hotel Tomohon, Rabu (28/02/2024).

Walikota melalui Staf Ahli Walikota Bidang Administrasi dan SDM Ronald Kalesaran, mengatakan SAKIP mempunyai peran yang sangat strategis dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintahan.

“Ini sebagai alat untuk memperbaiki kebijakan, serta mendorong instansi pemerintah untuk melakukan inovasi dalam mendesain program dan kegiatan, serta dapat digunakan sebagai dasar pemberian reward maupun punishment,” ujar Kalesaran.

Untuk itu, lanjut dia, efektivitas dan efisiensi instansi pemerintah harus dilakukan secara konsisten dan berkesinambungan. Efisiensi harus dibangun secara sistemik, bukan melalui kebijakan-kebijakan temporal yang mengakibatkan pelaksanaannya tidak berkelanjutan.

“Efisiensi tidak cukup hanya dengan memotong anggaran pada pertengahan tahun berjalan, sebagaimana praktek yang selama ini terjadi. Efisiensi seharusnya dimulai dengan memperbaiki pola pemanfaatan anggaran sejak pertama kali birokrasi merencanakan hasil atau kinerjanya, sebagaimana prinsip akuntabilitas berorientasi hasil yang menjadi amanat undang-undang nomor 28 tahun 1999,” paparnya. (hep)

IMG-20240617-WA0052

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here