Pemkot Tomohon Peringati Hari Otonomi Daerah XXVIII Tahun 2024

0
85

METROklik – Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon memperingati Hari Otonomi Daerah XXVIII Tahun 2024, dalam upacara yang berlokasi di Lapangan Upacara Kantor Walikota Tomohon, Kamis (25/04/2024).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Sekretaris Daerah Kota Tomohon Edwin Roring SE ME. Roring saat membacakan arahan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, mengatakan
perjalanan kebijakan Otonomi Daerah selama lebih dari seperempat abad, merupakan momentum yang tepat bagi kita semua untuk memaknai kembali arti, filosofi dan tujuan dari otonomi daerah.

“Otonomi daerah merupakan hak, wewenang, dan kewajiban daerah otonom untuk mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat setempat, dalam sistem Negara Kesatuan Republik Indonesia, sebagaimana diatur dalam UU nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dengan filosofi otonomi daerah dilandaskan pada prinsip-prinsip dasar yang tertuang dalam pasal 18 UUD 1945,” ujar Roring.

Lanjut dia, berangkat dari prinsip dasar inilah, otonomi daerah dirancang untuk mencapai dua tujuan utama, termasuk di antaranya tujuan kesejahteraan dan tujuan demokrasi.

“Dari segi tujuan kesejahteraan, desentralisasi diarahkan untuk memberikan pelayanan publik bagi masyarakat secara efektif, efisien dan ekonomis melalui berbagai inovasi kebijakan pemerintahan yang menekankan kepada kekhasan daerah yang bersangkutan (endogenous development),” jelas Roring.

Dia menambahkan, perjalanan otonomi daerah telah mencapai tahap kematangan untuk melahirkan berbagai terobosan kebijakan bernilai manfaat, dalam rangka identifikasi dan perencanaan wilayah-wilayah yang berpotensi dikembangkan secara terintegrasi, yang kemudian membentuk aglomerasi kegiatan perekonomian dan terhubung antara satu wilayah dengan wilayah lainnya.

Hadir dalam upacara ini, Jajaran Pemerintah Kota Tomohon, Para Pegawai Negeri Sipil, Tenaga kontrak dan Pegawai BUMD Kota Tomohon. (advetorial)

IMG-20240617-WA0052

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here