Bawaslu Tomohon akan Awasi Ketat Pemutakhiran Data Pemilih oleh KPU

0
66

METROklik – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tomohon  akan mengawasi ketat setiap langkah dalam pemutakhiran data oleh pihak KPU. Setiap kesalahan yang ditemukan bisa berujung pada sanksi hukum bagi pihak yang bertanggung jawab.

Penegasan ini dikatakan Ketua Bawaslu  Tomohon Stenly Kowaas. “Dalam konteks Pilkada, ketelitian dalam pemutakhiran data pemilih merupakan aspek yang sangat krusial, untuk memastikan bahwa Pemilu berjalan dengan jujur dan adil,” ujar Kowaas, pada sejumlah wartawan, Senin (20/05/2024)

Dia mengingatkan kepada KPU Kota Tomohon, agar hati-hati dalam pemutakhiran data, karena keakuratan dalam proses ini sangat penting agar tidak ada pemilih yang terlewat atau data yang tidak akurat.

“Ini adalah sumber permasalahan klasik yang selalu terjadi di lapangan. Karena itu saya ingatkan agar KPU lebih hati-hati dalam pemutakhiran data. Kesalahan dalam pemutakhiran data pemilih, dapat berdampak signifikan pada kepercayaan publik terhadap hasil pemilu,” terangnya.

Dia menambahkan, pastikan saat mencoret nama seseorang dari daftar pemilih, orang itu benar-benar sudah tidak ada. “Karena menghilangkan hak pilih seseorang adalah tindak pidana,” tegasnya. (hep)

hutri < IMG-20240617-WA0052

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here