Peringatan Hari Pancasila di Kota Tomohon Khusyuk

0
81

METROklik – Walikota Caroll Senduk SH, memimpin upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2024 di Kota Tomohon, bertempat di lapangan Kantor Walikota Tomohon, Sabtu (01/06/2024).

Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2024 kali ini mengusung tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”. Upacara berlangsung khusyuk diikuti oleh para pejabat Forkopimda, pejabat SKPD, ASN, dan THL Pemkot Tomohon.

Dalam sambutan Yudian Wahyudi, selaku Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), yang dibacakan oleh
Walikota Tomohin Caroll Senduk, menyampaikan pada hari ini, 1 Juni 2024, kita memperingati Hari Lahir Pancasila. Hari ketika Bung Karno, sebagai Proklamator Kemerdekaan, Bapak Pendiri Bangsa, pertama kali memperkenalkan Pancasila melalui pidatonya pada tahun 1945 di depan sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK).

“Patut kita syukuri sebagai sebuah bangsa yang majemuk, Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya menjadi bintang yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara. Keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia,” ujar Walikota.

Lanjut dia, di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong. Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional “Bhinneka Tunggal Ika”.

“Dalam momentum yang sangat bersejarah ini, saya mengajak komponen bangsa di mana pun berada untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” ungkapnya. (hep)

hutri < IMG-20240617-WA0052

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here