BI Sebarkan Rp5 Miliar di Lima Pulau Terluar di Sulut

0
206

METROklik – Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Sulut menyebarkan uang fres Rp5 miliar di lima Pulau Terluar di Sulut, masing-masing Pulau Miangas, Kakorotan, Karakelang, Kawaluso, dan Tagulandang.

Penyebaran uang ini diangkut oleh KRI Kakap dari Dermaga Satrol Lantamal VIII Bitung, Selasa (04/06/2024).

Kegiatan ini mewujudkan Ekspedisi Rupiah Berdaulat (ERB) tahun 2024, bersinergi dengan Lantamal VIII, Dinas Pendidikan Sulut, dan BPMP Sulut.

Kepala Kantor Perwakilan BI Sulut Andry Prasmuko, mengatakan telah menyiapkan dana sebagai modal kerja yang dibawa oleh tim ERB sebesar Rp5 Milar.

“Modal kerja tersebut untuk kegiatan yang dilaksanakan yaitu Penukaran Uang Layak Edar (ULE). Selanjutnya menyerap uang tidak layak edar dari masyarakat dan perbankan dengan berbagai pecahan, untuk digantikan dengan uang fresh/layak edar,” ujarnya.

Selain itu, sebut Andry, juga akan melakukan edukasi tentang Sosialisasi Cinta Bangga Paham (CBP) Rupiah dan Literasi Pendidikan. Kemudian diikuti dengan edukasi fungsi dan peran Uang Rupiah dalam arti dan makna yang lebih luas, untuk menjadikannya satu-satunya alat pembayaran yang sah di NKRI, baik dalam bentuk tunai, non tunai maupun transaksi digital.

“Pada ekspedisi tersebut juga dirangkaikan dengan konsultasi Klinik Pendidikan, pemulihan pembelajaran,” ucap Andry.

Saat mengunjungi wilayah kepulauan, BI juga akan melakukan penyerahan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) yang mencakup penyerahan bantuan sebesar Rp700 juta ke kepulauan, termasuk Rp300 juta.

“Bantuan tersebut untuk bencana alam Pulau Tagulandang, berbentuk sembako, peralatan olahraga, dan alat musik, buku-buku pengetahuan, dan untuk Tagulandang diantaranya seng, terpal, obat-obatan yang terkena musibah Gunung Ruang, serta dari BPMP dan Dinas Pendidikan yang membagikan buku-buku bacaan berkualitas,” jelas Andry.

Ditambahkan Prasmuko, uang tunai sebanyak Rp5 Miliar modal kerja dibawa untuk menjaga ketersediaan uang layak edar dan menarik uang lusuh dari masyarakat Pulau Miangas, Kakorotan, Karakelang, Kawaluso, dan Tagulandang

“Selain penukaran uang layak edar, dalam ERB ini juga diselenggarakan sosialisasi Cinta Bangga Paham Rupiah untuk meningkatkan literasi dan awareness masyarakat kepulaun akan uang Rupiah, serta kegiatan Literasi Pendidikan oleh BPMP dan Dinas Pendidikan,” papar Andry.

Diketahui, kegiatan ERB ini merupakan rangkaian kegiatan sinergi BI Provinsi Sulut bersama Dinas Pendidikan, BPMP Provinsi Sulut untuk meningkatkan kualitas SDM Sulut dalam perluasan literasi keuangan di Sulut. Melalui sinergi BI Sulut juga menggagas kegiatan Goes to School Championship Mapalus Pendidikan Tahun 2024. (hep)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here