Hadiri Kegiatan Basarnas, Walikota CS : Penanggulangan Bencana Tanggung Jawab Bersama

0
50

METROklik , Tomohon – Walikota Tomohon Caroll Senduk SH (CS) menghadiri pembukaan Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat bidang pencarian dan pertolongan yang dilaksanakan oleh Basarnas Republik Indonesia di Kota Tomohon, bertempat di Gedung pertemuan RINDAM XIII/Merdeka Kota Tomohon, Kamis (11/07/2024).

Walikota mengatakan, Kota Tomohon memiliki 2 gunung yang cukup Aktif yaitu Gunung Lokon dan Gunung Mahawu. Sebagai Masyarakat Tomohon harus tetap waspada. Penanggulangan bencana merupakan tanggung jawab kita bersama. Pemerintah daerah tidak dapat bekerja sendiri dalam kerja-kerja kemanusiaan, ini semua membutuhkan kolaborasi dan sinergitas bagi semua elemen pemerintah dan stakeholder kebencanaan lainnya termasuk peran serta masyarakat.

“Oleh karena itu, kegiatan-kegiatan seperti ini sangat membantu kami Pemerintah daerah dalam pelaksanaan pelayanan publik khususnya dalam hal pelayanan penanggulangan bencana di Kota Tomohon,” ujar Walikota.

Lanjut dia, dari indeks risiko bencana Kota Tomohon sampai tahun 2023 dalam hal jenis bencana secara umum berada pada tingkat risiko sedang. Khusus untuk bencana gunung berapi kota Tomohon berada pada tingkat risiko tinggi, karena terdapat dua gunung berapi aktif (Lokon dan Mahawu) dalam wilayah pemerintah kota Tomohon.

“Kegiatan yang dilakukan saat ini adalah sejalan dengan program prioritas Nasional, program prioritas Provinsi Sulut dan dalam visi dan misi kami yaitu resiliensi dan penguatan mitigasi bencana, bukan untuk menghilangkan bencana tapi untuk meminimalisir masyarakat risiko bencana menjadikan harus itu sendiri,” ungkap Senduk.

Dia pun meminta kepada seluruh peserta yang mendapat kesempatan saat ini, agar dapat menjadi pioner-pioner pelayanan kebencanaan khususnya dalam hal pencarian dan pertolongan. Baik bagi keselamatan diri sendiri dan untuk membantu menyelamatkan orang lain yang berada dalam kondisi berbahaya atau yang membutuhkan pertolongan kita. (hep)

hutri < IMG-20240617-WA0052

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here