Komisi IX DPR RI Apresiasi Walikota Bitung, Terkait Penghargaan UHC Award

0
42

“Komisi IX DPR RI saat berkunjung di Kota Bitung diterima oleh Walikota Maurits Mantiri”

METROklik, Bitung – Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Dr. Hj. Kurniasih Mufidayati MSi, memberi apresiasi kepada pemerintah Kota Bitung setelah mendengar pemaparan dari Walikota Bitung Ir Maurits Mantiri MM, terkait pencapaian kepesertaan BPJS kesehatan mencapai 100 %.

Hal ini dikatakannya, saat melakukan kunjungan kerja reses Komisi IX DPR RI masa persidangan V tahun sidang 2023-2024 di Kota Bitung, Rabu (17/07/2024).

“Kami komisi IX DPR RI mengapresiasi atas penghargaan untuk pemerintah Kota Bitung dalam Universal Health Coverage (UHC) AWARD tahun 2023 dalam pencapaian kepesertaan BPJS kesehatan mencapai 100 %. Pak Wali ini rupanya mempunyai visi yang sangat luar biasa, walaupun PAD-nya kecil tapi UHC-nya maksimal serta kelebihan dan keunggulan termasuk juga yang terakhir yang pak wali sampaikan, yang harus diingat mengenai tahapan dan sinergi,” ujar Kurniasih.

Dia mengatakan, mudah-mudahan kami bisa membawa pulang dari Komisi IX, beberapa masukan-masukan dan harapan dari pemerintah serta masyarakat Kota Bitung. “Kami juga berharap dengan capaian ini bisa dibarengi juga dengan fasilitas kesehatan yang memadai,” tandas Kurniasih.

Dalam pemaparan di depan Wakil Ketua dan anggota komisi IX DPR RI, Walikota Bitung Ir. Maurits Mantiri MM, memaparkan tentang “Sinergi Membangun Kesehatan dan Kesejahteraan Masyarakat Bitung”.

“Kami Pemerintah dan masyarakat Kota Bitung merasa terhormat atas kunjungan kerja Komisi IX DPR RI ke Kota Kami.
Bitung adalah satu dari 15 kabupaten kota di Provinsi Sulawesi Utara yang mempunyai VISI, Terwujudnya Bitung Kota Digital yang Mandiri, Sejahtera dan Berkarakter berlandaskan Gotong Royong,” ucap Mantiri.

Lanjut Walikota, cakupan Peserta KBPJS Kesehatan Kota Bitung pada tahun 2024 ini adalah 221.011 atau sekitar 100,89 % peserta yang aktif , saat ini ada 50.000 masyarakat yang menjadi peserta BPJS Kesehatan mandiri, semula bayar sendiri di take over (di ambil alih) menjadi pembayaran Pemerintah Kota Bitung.

“Harapan Pemerintah Kota Bitung, mendapatkan dukungan kebijakan dan program dari DPR RI, khususnya Komisi IX untuk mengatasi isu dan tantangan di bidang kesehatan dan ketenagakerjaan, memperkuat sinergi program pusat dan daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Bitung,” ungkap Walikota.

Diiketahui, pemerintah Kota Bitung pada 14 Maret 2023 lalu, melalui Sekretaris Daerah Kota Bitung Rudy Theno menerima penghargaan Universal Health Coverage (UHC) 2023 di Balai Sudirman Jakarta.
UHC Award diberikan oleh pemerintah pusat sebagai apresiasi terhadap komitmen Pemerintah Daerah dalam mendukung Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) bagi masyarakat Indonesia.

Komisi IX DPR RI yang hadir, Wakil Ketua Komisi Dr Hj Kurniasih Mufidayati MSi, anggota Komisi IX Rahmat Handoyo SPi MM fraksi PDIP dapil Jateng V, Dr Hj Saniatul Lativa SE MM fraksi Golkar Dapil Jambi, Dr Ir Kardaya Warnika DEA Fraksi Gerindra Dapil Jabar VIII, H Handayani SKMMPH Fraksi PKB Dapil Jambi, HJ. Aliyah Mustika IlhamnSE Fraksi Demokrat Dapil Sulses I, Staf Ahli Menteri ketenaga kerjaan RI Bidang Hubungan Antar Lembaga Darmawansyah, dr Andi Sagu. (hep)

hutri < IMG-20240617-WA0052

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here