Bawaslu Tomohon Ingatkan Perekrutan KPPS Disosialisasi Intensif

0
23

METROklik – Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tomohon Stenly Kowaas SP, mengingatkan pada adhoc Komisi Pemilihan Umum (KPU), yakni Panitia Pemungutan Suara (PPS) agar sosialisasi perekrutan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) hendaknya dilakukan secara intensif.

“Caranya, PPS mengintensifkan sosialisasi perekrutan KPPS. Sehingga pendaftar banyak. Artinya lebih dari kuota kebutuhan tujuh orang dalam satu TPS. Nah, ketika pendaftar banyak, PPS pasti akan lebih enak membuat pilihan,” ucap Kowaas, Selasa (17/09/2024).

Dia mengatakan, ada hal yang harus diperhatikan kendati tidak diatur secara detil di peraturan atau keputusan KPU, bahwa ada larangan calon anggota KPPS itu tinggal satu rumah dengan tim sukses (Timses) atau tim kampanye peserta pemilihan umum. Apalagi di rumah tersebut sudah terpasang panji partai politik. “Bawaslu Tomohon hanya sebatas imbauan agar hal-hal seperti itu perlu diperhatikan PPS dalam merekrut KPPS,” saran Kowaas.

Dikatakan pula, agak susah kalau sosialisasi perekrutan KPPS tidak masif. Kemudian, yang mendaftar hanya pas-pasan 7 orang. Akhirnya PPS tidak ada pilihan untuk seleksi. Terpaksa ketujuh calon anggota KPPS itu harus direkrut.

“Akan tetapi kalau sosialisasinya bagus, pasti pendaftar cukup banyak. Saya yakin PPS akan mendapatkan pilihan KPPS tanpa orang-orang yang tinggal satu rumah dengan Timses atau tim kampanye,” terang Kowaas. (hep)

IMG-20240918-085912 hutri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here