Pemkot Tomohon Terima Penghargaan EPSS Predikat IPS Kategori Baik

0
31

METROklik – Pejabat Sementara (Pjs) Walikota Tomohon Ir Fereydy Kaligis MAP, menghadiri Kegiatan Rapat Koordinasi Daerah ST2023 BPS se- Sulawesi Utara, Penganugerahan Pemerintah Daerah Berpredikat Indeks Pembangunan Statistik (IPS), bertempat di Hotel Mercure Manado,  Senin (21/20/2024).

Dalam Rapat Koordinasi Daerah ST2023 BPS se- Sulut Penganugerahan Pemerintah Daerah Berpredikat Indeks Pembangunan  Statistik (IPS), Pemerintah Kota Tomohon menerima Piagam Penghargaan atas Komitmen dan Capaian Pemerintah Daerah dalam Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS), berpredikat Indeks Pembangunan Statistik (IPS) 2024 berkategori ‘BAIK’ yang diserahkan langsung oleh Inspektur Utama BPS RI Dadang Hardiwan dan diterima langsung oleh PJs Walikota Tomohon Ir Fereydy Kaligis MAP.

Piagam Penghargaan diterima bersama 10 Kabupaten/Kota lainnya di Sulawesi Utara.

Dalam Rakorda tersebut, dibahas pula peran penting sektor pertanian bagi ekonomi Sulawesi Utara. Berdasarkan data BPS, pertanian merupakan penyumbang utama perekonomian daerah, khususnya di masa pandemi. Komoditas unggulan yang mendominasi di Sulawesi Utara adalah kelapa (18,45%), cengkeh (14,84%), pala (7,86%), ayam kampung (5,52%), dan jagung hibrida (4,75%).

Selain itu, pertanian juga menjadi penopang hidup bagi mayoritas penduduk miskin. Sebanyak 65,43% unit usaha pertanian di Sulawesi Utara dikelola oleh petani skala kecil yang menguasai lahan pertanian di bawah 1,02 hektar dan memiliki pendapatan pertanian yang relatif rendah, di bawah Rp 26,6 juta per tahun. (hep)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here