Tiongkok, Dominasi Ekspor Nonmigas Sulut

Tiongkok, Dominasi Ekspor Nonmigas Sulut////jdl

METROklik Manado- Data Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Utara, posisi teratas negara tujuan ekspor nonmigas Sulawesi Utara pada September 2018 adalah Tiongkok, yakni senilai US$ 11,86 juta atau 15,34 persen dari total nilai ekspor nonmigas.
Hal ini terlihat dari perkembangan ekspor Sulawesi Utara pada bulan September 2018, yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) Sulut.
Kepala BPS Sulut, Ateng Hartono mengungkapkan, produk yang paling banyak diekspor ke negara tersebut adalah lemak dan minyak hewani/nabati Dibandingkan dengan Juli 2018, nilai ekspor ke negara tersebut mengalami peningkatan yang sangat signifikan. “Bahkan mampu menggeser negara Belanda yang pada bulan sebelumnya menduduki negara tujuan ekspor tertinggi,” ujar Ateng.
Dia juga menambahkan bahwa sebagian besar komoditas ekspor nonmigas dikirim melalui beberapa pelabuhan di Sulawesi Utara, meskipun ada pula yang dikirim melalui pelabuhan di provinsi lain. Pelabuhan Bitung sebagai pelabuhan laut terbesar di Sulawesi Utara pada bulan September 2018.
“Hampir 50 persen barang ekspor dikirim melalui pelabuhan ini. Dan nilai ekspornya mengalami peningkatan sebesar 4,53 persen,” pungkas Ateng.(gau/mtr)

(Visited 1 times, 1 visits today)
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan