Ini Langkah TPID Sulut Jaga Inflasi

 

METROklik Manado – Untuk menjaga inflasi agar tetep terkendali, TPID Propinsi Sulut menggelar High Level Meeting, bertempat di Kantor BI Perwakilan Sulut, Rabu (21/11/2018).

Kegiatan ini dihadiri Gubernur Sulut Olly Dondokambey, bersama perwakilan dari kabupaten dan kota.

Kepala BI Sulut Soekowardojo mengatakan, mendukung sepenuhnya pelaksanaan acara ini, yang merupakan salah satu perwujudan kerjasama erat Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/kota, Bank Indonesia, serta Instansi terkait lainnya dalam menjaga kestabilan harga di wilayah Provinsi Sulawesi Utara.

“Inflasi Indeks Harga Konsumen (IHK) Sulawesi Utara yang diwakili oleh Kota Manado pada Oktober 2018 tercatat sebesar 0,08% (mtm), inflasi tahun kalender sebesar 1,17% (ytd) dan inflasi tahunan sebesar 1,59% (yoy),” ujarnya.

Lanjut Soekowardojo, patut mengapresiasi kinerja TPID dalam pencapaian ini. Namun, tidak boleh lengah dan perlu terus waspada terhadap tantangan ke depan yang disertai beberapa risiko tekanan inflasi. Seperti diantaranya kenaikan harga minyak dunia, kenaikan tariff jasa transportasi angkutan udara, serta kenaikan permintaan barang dan jasa menjelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru.

“Sejak tahun 2015 hingga tahun 2018, program-program kerja yang mengacu pada Roadmap Pengendalian Inflasi tahun 2015-2018 telah dilaksanakan secara baik. Dan kami rasa perlu untuk dilanjutkan dan dikembangkan lebih meningkatkan lagi efektivitas peran TPID dalam upaya pengendalian inflasi daerah Provinsi Sulawesi Utara,” papar Soekowardojo.

Dia pun berharap hasil diskusi dan pertemuan hari ini dapat semakin memperkuat koordinasi dan sinergi antara pemerintah daerah, Bank Indonesia, dan seluruh instansi terkait. “Dalam bahu-membahu melaksanakan program upaya pengendalian inflasi di Sulawesi Utara, sehingga inflasi dapat terkendali di level yang rendah dan stabil,” ungkap Soekowardojo. (hgp)

Editor : Gaudentius

(Visited 7 times, 1 visits today)
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan