Sering Tak Disadari, Ini Penyebab Leukimia

METROklik – Banyak warga tidak menyadari gejalah  umum mengalami penyakit mematikan Leukimia.

Leukimia adalah kanker yang menyerang sel darah putih. Kanker darah ini juga menghentikan sel darah putih dalam melawan infeksi. Sel darah putih dihasilkan oleh sum-sum tulang belakang.

Pada penderita leukimia, sum-sum tulang belakang akan memproduksi sel-sel darah putih yang abnormal, sehingga mengakibatkan penumpukan dalam sum-sum tulang yang membuat sel-sel darah yang sehat menjadi berkurang.

Tak hanya menumpuk ke dalam sum-sum tulang belakang saja, sel yang abnormal tersebut menyebar ke organ lain yang vital, yaitu hati, paru-paru, ginjal, limfa serta ke otak dan tulang belakang. Kondisi tubuh yang lemah dapat menyebabkan kerusakan pada organ-organ vital tersebut.

Seseorang yang menderita leukimia biasanya akan menunjukkan gejala-gejala, seperti sering mimisan, sering mengalami sakit kepala yang intens, nafsu makan dan berat badan yang mengalami penurunan, sering mengeluarkan keringat yang berlebihan di malam hari, dan rentan terserang infeksi.

Leukimia bisa terjadi karena beberapa faktor lho, salah satunya adalah genetik. Nah, berikut ini ulasan tentang enma faktor yang bisa menyebabkan kamu terserang leukimia.

1. Memiliki anggota keluarga yang juga menderita leukimia

Leukimia bisa terjadi pada seseorang yang memiliki anggota keluarga yang pernah menderita leukimia. Bahkan, seseorang yang memiliki riwayat anggota keluarga yang pernah menderita leukimia, beresiko tinggi akan terserang penyakit yang mematikan ini lho. Nah, jika misalnya kamu memiliki riwayat anggota keluarga yang pernah menderita leukimia, sebaiknya kamu rajin melakukan general check up minimal setahun sekali.

Dengan rajin melakukan general check up ini, jika kamu terserang leukimia, maka kamu dapat melakukan pengobatan yang lebih awal. Jika penyakit ini terdeteksi lebih awal, akan lebih mudah sembuhnya lho daripada yang terdeteksi saat sudah mencapai stadium lanjut.

2. Terkena paparan radiasi

Meski radiasi yang digunakan pada dunia medis dapat mendiagnosa suatu penyakit dan pengobatan kanker, ternyata efek radiasi yang digunakan pada medis tersebut dapat memicu timbulnya sel kanker baru, salah satunya yaitu sel kanker darah. Oleh karena itu, disarankan untuk tidak melakukan pemeriksaan sinar-Xatau CT Scan jika tidak benar-benar memerlukannya karena radiasi dari alat-alat tersebut dapat meningkatkan resiko terserang leukimia, terutama pada anak-anak.

3. Terkena paparan benzena

Leukimia tak hanya disebabkan oleh faktor genetik dan terkena paparan radiasi saja, namun juga disebabkan oleh paparan  benzena. Benzena merupakan senyawa kimia organik yang biasanya banyak digunakan dalam produksi karet buatan, bensin, pewarna rambut, dan obat.

Jika kamu sering terkena paparan benzena, maka kamu akan beresiko tinggi terkena leukimia, mengapa bisa? Karena benzena dapat menyebabkan displasia (kelainan perkembangan pada organ tubuh yang meliputi perubahan bentuk, ukuran, serta organisasi sel dewasa) sum-sum tulang belakang.

4. Kebiasaan merokok

Kebiasaan merokok tak hanya menyebabkan seseorang orang rentan terserang penyakit jantung dan kanker paru-paru saja lho, tetapi juga dapat memicu seseorang terserang leukimia. Mengapa bisa? Karena rokok mengandung karsinogen, yaitu zat penyebab timbulnya sel kanker.

Tak hanya menyerang perokok saja, anak dari seorang perokok juga rentan terserang leukimia lho, apalagi jika orang tua yang merokok tersebut sudah mulai merokok sebelum masa kehamilan, akan memiliki resiko yang lebih tinggi lagi.

5. Obesitas

Wah, ternyata kelebihan berat badan atau obesitas juga dapat memicu seseorang terkena leukimia lho, mengapa bisa? Karena sel khusus yang digunakan tubuh untuk melawan kanker, tersumbat oleh lemak. Hal tersebut menyebabkan sel khusus tersebut tidak berfungsi, sehingga sel kanker bisa berkembang dengan bebas. Sebaiknya terapkan pola hidup yang sehat agar berat badan kamu seimbang, dan terhindar dari beberapa penyakit kronis, salah satunya yaitu leukimia.

6. Kelainan gen

Gen yang tidak normal juga bisa meningkatkan resiko seseorang terkena leukimia. Kelainan gen yang paling sering menjadi penyebab leukimia adalah sindrom down. Sindrom down merupakan gangguan genetika paling umum yang menyebabkan perbedaan kemampuan belajar serta ciri-ciri fisik tertentu. (*)

Sumber : idntimes.com

(Visited 71 times, 1 visits today)
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan