PKM Usaha Kuliner di Desa Pakuure Tinanian, Kecamatan Tenga

0
338

Tim Pelaksana:

Prof Stanss. L.H.V.J. Lapian, SE. MEc
Dr. Gresi M. Sendow, SE, MAB
Dr. Altje L. Tumbel, SE MSi

Tujuan Pelaksanaan PKM

Mitra sasaran program ini adalah Usaha Kuliner di desa Pakuure Tinanian. Secara geografis terletak diwilayah Kecamatan Tenga, Kabupaten Minahasa Selatan, berjarak 87 KM dari Kota Manado melalui jalur Trans Sulawesi. Aktivitas masyarakat Pakuure Tinanian sebagai petani, tukang serta usaha warung dan kelontong atau rumah makan.

Target khusus kegiatan ini menghasilkan pengembangan usaha dan pengelolaan system keuangan dan manajemen pemasaran. Metode pelaksanaan yang akan diterapkan pada program ini yaitu

1. Permasalahan Mitra yang disepakati yaitu penyuluhan/pelatihan manajemen pemasaran, keuangan dan SDM yang kompetitif.

2. Metode pendekatan yang akan ditawarkan untuk mengatasi persoalan mitra yakni penyuluhan, pelatihan, pendampingan dan evaluasi.

3. Prosedur kerja untuk mendukung ke-3 aspek permasalahan, berturut-turut yaitu survey, penyuluhan, pelatihan, evaluasi, luaran, dan pelaporan.

Hasil yang diharapkan akan ada perbaikan usaha dan pengembangan usaha kuliner serta penciptaan lapangan kerja.

Hasil Yang Dicapai

Peserta pelatihan akhirnya memiliki kemampuan teknis dasar dalam strategi bauran pemasaran (marketing mixed), peserta pelatihan juga memiliki kemampuan memberdayakan usaha dan memiliki kemampuan dalam membuat studi kelayakan usaha.

hutri < IMG-20240617-WA0052

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here