Pemkot Tomohon Apresiasi Pertunjukan Ikkon Bekraf “I Yayat U Santi”

METROkkik Tomohon – Walikota Jimmy F Eman SE Ak dan Wakil Walikota (Wawali) Syerly A Sompotan, menghadiri pertunjukan Ikkon Bekraf, dengan Judul “I Yayat U Santi : The Story of Minahasa’s Highland Warrior”. Kegiatan ini bertempat di Amphitheater Woloan, Sabtu (02/11/2019).

Walikota menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan budaya tersebut.”Inovatif dan Kreatif melalui Kolaborasi Nusantara (Ikkon) merupakan sebuah program yang menempatkan seseorang atau sekelompok pelaku kreatif, pada suatu wilayah di Indonesia yang bertujuan untuk mendorong dan membantu pengembangan potensi ekonomi kreatif lokal,” ujar Eman.

Dia mengatakan I Yayat U Santi : The Story of Minahasa’s Highland Warrior sendiri, mengangkat cerita legenda Waraney dari pegunungan Minahasa kuno, lesung Mahatus. “Masuknya budaya asing tanpa adanya filter dan penyeimbang budaya lokal akan berpotensi menghancurkan jati diri anak bangsa,” paparnya.

Lanjut Eman, kegiatan yang dilaksanakan saat ini merupakan sebuah karya yang sangat kreatif, dan memberikan dampak positif terhadap pelestarian budaya daerah khususnya di Kota Tomohon. Pelestarian budaya sangatlah penting khususnya budaya lokal, dimana dengan tetap melestarikan nilai-nilai yang sudah tertanam pada
masyarakat sejak lama.

“Dengan pelestarian budaya menjadikannya tetap ada atau eksis ditengah zaman modern sekarang ini dan tidak luntur nilai-nilainya oleh perkembangan zaman serta dengan menjunjung tinggi nilai-nilai religius,” papar Walikota.

Hal yang sama dikatakan Wawali Sompotan. Dia mengapresiasi kegiatan ini yang merupakan sebuah karya kreatif yang dilakukan oleh tim Ikkon Bekraf. “Tentunya pemerintah dan masyarakat akan terus mendukung dan mendorong segala program pelestarian budaya loka. Ini agar tetap tidak terdegradasi oleh perkembangan zaman sehingga tetap dapat dinikmati oleh generasi-generasi yang akan datang,” ungkap Wawali. [hgp]

(Visited 7 times, 1 visits today)
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan