Menegangkan, Pilot Paralayang Diselamatlan Tersangkut di Jaringan SUTET di Tomohon

0
255

METROklik – Tim evakuasi PLN menyelamatkan pilot paralayang Hans Mawikere, saat tersangkut di jaringan listrik bertegangan tinggi (SUTET) di Kota Tomohon, dalam mengisi kegiatan HUT Kemerdekaan RI ke 75, Senin (17/08/2020).

Upaya penyelamatan yang berlangsung kurang lebih 3 jam ini menyita perhatian masyarakat sekitar lokasi yang turut menyaksikan peristiwa ini.

Hans Mawikere, pilot yang mengalami insiden tersebut awalnya melakukan penerjunan dari puncak Gunung Mahawu. Mendekati lokasi pendaratan, parasut milik atlit paralayang Provinsi Jawa Barat ini malah tersangkut di kabel SUTET yang ketinggiannya sekitar 35 meter dari permukaan tanah.

Kejadian ini membuat pihak TNI, Damkar dan tim dari PLN bergegas melakukan upaya penyelamatan. Evakuasi korban berlangsung sekitar tiga jam dan  menegangkan, dikarenakan faktor angin yang cukup kencang.

Hans Mawikere, pilot yang mengalami insiden tersebut mengungkapkan, kejadian diakibatkan karena angin sangat kencang, sehingga tidak bisa mengendalikan parasut.

“Pada saat tergantung perasaan saya sangat takut. Cuaca yang panas, kehausan dan juga sempat terkena sengatan strum di bagian tangan kanan sehinggah mengakibatkan luka. Beruntung bisa selamat berkat kerja keras tim penyelamat,” tutur Hans.

Sementara itu, Fajar Ikrim  selaku anggota tim evakuasi dari PLN mengatakan, upaya penyelamatan memang menegangkan karena pertama kali menyelamatkan di jaringan saluran Umum Tegangan Tinggi (SUTET).

“Menang saya pernah menjalani pelatihan di Semarang dalam rangka penanganan evakuasi Petugas PLN di Jaringan SUTET. Namun pelatihan yang saya didapat hanya sebatas hingga di tower dan isolator. Jadi penangganan evakuasi di tengah jaringan SUTET baru ini kali dilakukan,” jelasnya. [chichi]

Editor : Gaudentius

hutri < IMG-20240617-WA0052

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here