Dies Natalis ke 57, Fapet Unsrat Gelar dua Webinar Nasional, yaitu Ternak Babi dan Ternak Kuda, serta Pengabdian kepada Masyarakat

0
492

METROklik – Dalam rangka Dies Natalis Fakultas Peternakan (Fapet) Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado ke 57, digelar kegiatan Webinar Nasional Ternak Babi dan Webinar Nasional Ternak Kuda, serta pengabdian kepada masyarakat di Kabupaten Minahasa, Minahasa Utara, dan Minahasa Selatan.

Khusus Webinar Nasional Ternak Babi, kegiatannya dilaksanakan pada 11 September 2020, dibuka oleh Dekan Fakultas Peternakan Unsrat, Dr Ir Yohannis LR Tulung MSi, dengan moderator Ir PRRI Montong. Nara sumber, masing-masing, Dr. Ir. Nasril Subakti, MSc dengan materi nutrisi babi bunting dan Phaitoon NNA, materi manajemen pemeliharaan babi bunting. Kedua narasumber ini berasal dr PT Charoen Pokphand Indonesia, Tbk., yang menjadi sponsor kegiatan webinar Ternak Babi ini. Narasumber dari Fakultas Peternakan, Unsrat, yaitu Dr. Ir Mien Th Lapian MAi dengan meteri sistim reproduksi ternak babi, dan Dr. drh. Sri Adriani, materinya kesehatan ternak babi bunting.

Webinar Nasional kedua dilaksanakan pada 28 September 2020 dengan tema Berpacu di era baru, dampak pendemi covid-19 pada industri kuda pacu Indonesia.

Wabiner nasional ini dibuka oleh Wakil Rektor Unsrat, Bidang Akademik, Prof. Dr. Ir. Grevo S. Gerung, MSc dengan moderator Dr. Ir Ben J Takaendengan MSi dan Ir. Abraham F. Pendong, MSc.
Narasumber, masing-masing, Prof. Dr. Ir. Sri Bandieti-K MS, guru besar Universitas Padjajaran, Dr. Ir Yohannis L.R. Tulung MSi, dosen/pakar nutrisi kuda Unsrat, Prof Dr. Ir. James Hellyward MSc, guru besar Fakultas Peternakan Universitas Andalas, dan Prof. Dr. Ir. Eka Meutia Sari MSc, guru besar Universitas Syiah Kuala.

Kegiatan lain dilaksanakan dalam rangka Dies Natalis Fapet, Unsrat ke-57, yaitu rangkaian Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat. Kegiatan Pengabdian ini didukung penuh oleh PT. Charoen Pokphand Indonesia, Tbk. Pelaksanaan Kegiatan Pengabdian dimulai di Desa Treman, Kecamatan Kauditan, Kabupaten Minahasa Utara, pada tanggal 18 September 2020. Selanjutnya di Desa Lelema, Kecamatan Tumpaan, Kabupaten Minahasa Selatan, pada tanggal 23 September 2020.

Pelaksanaan Pengabdian di Kabupaten Minahasa dilaksanakan pada tanggl 29 September 2020 di Desa Kaweng, Kecamatan Kakas, dan pada tanggal 30 September 2020 di Desa Kiawa, Kecamatan Kawangkoan Utara.

Rangkaian Kegiatan Pengabdian tersebut dipimpin oleh Dekan Fapet Unsrat Dr. Ir. Yohanis L.R. Tulung, MSi, dan para Wakil Dekan Dr. Ir. Florencia N. Sompie, MP.,IPU (WD1), Dr Ir. Betty Bagau, MP (WD2), dan Ir. Boyke Rorimpandey (WD3).

Disetiap kegiatan Pengabdian, Tim dosen Fapet melakukan Penyuluhan Bidang Peternakan, vaksinasi rabies, pemberian obat cacing melalui penyuntikan pada ternak sapi, demonstrasi pengolahan produk hasil ternak, seperti pembuatan bakso, nuget, dan kaviar. Selain itu pemberian Pakan Babi yang merupakan bantuan dari sposor kehiatan Pengabdian, PT. Charoen Pokphand Indonesia, Tbk. [gau]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here