Pemkab Minsel Pacu Pengawasan Internal

0
169

METROklik – Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Franky Donny Wongkar SH didampingi Wakil Bupati Pdt Petra Yani Rembang, mengikuti kegiatan Gelar Pengawasan dan Penandatanganan Piagam Pengawasan Internal Pemerintah Kabupaten Minsel, yang diselenggarakan oleh Inspektorat Daerah, Senin (26/04/2021).

Bertempat dilantai IV Kantor Bupati Minahasa Selatan, kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Bupati Minsel dilanjutkan dengan arahan dari Kepala Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Sulut DR Setya Nugraha SE.

Dalam sambutanya, Bupati menyampaikan Peraturan Pemerintah nomor 60 tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP), secara tegas mewajibkan setiap instansi pemerintah untuk membangun SPIP guna mencegah timbulnya kegagalan dan ketidak-efisienan dalam pencapaian tujuan organisasi.

“Inspektorat Daerah Kabupaten Minsel selaku Aparat Pengawasan Intern Pemerintah atau (APIP) mempunyai peran strategis dalam mengawal jalannya pemerintahan yang akuntabel,” ujar Bupati.

Lanjut dia, saat ini inspektorat kita memiliki tenaga pejabat fungsional pengawas penyelenggaraan urusan pemerintahan daerah, yang bertugas melaksanakan pengawasan intern melalui berbagai bentuk pengawasan. Seperti audit, reviu, evaluasi, pemantauan, pendampingan, koordinasi, konsultasi dan kegiatan pengawasan lain terhadap penyelenggaraan tugas dan fungsi pemerintah.

“Peran dan tanggungjawab APIP saat ini menjadi sangat penting dan harus didukung oleh semua pemangku kepentingan di Kabupaten Minahasa Selatan. Dalam kaitan itu, dalam rangka menegaskan peran serta fungsi tersebut, secara formal, kita telah menyusun dan menandatangi bersama Piagam Pengawasan Intern atau Internal Audit Charter,” paparnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini,
Sekretaris Daerah Kabupaten Minsel Denny Kaawoan dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Minahasa Selatan Stefanus DN Lumowa SE. (bella)

IMG-20240405-202949 Pink-Simple-3-D-Ornament-Valentine-s-Day-Party-Invitation-20240410-095255-0000 Pink-Simple-3-D-Ornament-Valentine-s-Day-Party-Invitation-20240331-112737-0000

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here