HUT Ke-61, BSG Menuju Bank Digital

0
152

METROklik – Bank Sulut Gorontalo (BSG) genap berusia 61 tahun pada, Jumat (03/06/2022). Di usia yang semakin mapan tersebut “torang pe bank”, sebutan lain BSG telah manargetkan untuk menuju bank digital.

Hal ini sebagaimana dikatakan Direktur Utama (Dirut) BSG Revino Pepah, pada wartawan online ini, di ruang kerjanya Kantor BSG, Jumat (03/06/2022).

“Digitalisasi perbankan, itu yang kita targetkan. Kita ketahui bersama bisnis perbankan itu sudah mengalami perubahan dari bisnis konvensional ke bisnis digital. Dua tahun terakhir ini telah muncul bank digital,” ujar Pepah.

BSG, menurut dia, juga akan mengalami perubahan seperti itu. Jika dulu menganggap fintech itu kompetitor. Sekarang punya kompetitor dengan namanya bank digital. “Seperti halnya milenial sekarang lebih senang dengan bank digital. Mereka tidak lagi ke kantor bank. Mereka hanya bertransaksi di rumah,” sebut Pepah.

Lanjut dia, walaupun di pedesaan masih ada bank konvensional. Tapi ke depan di kota-kota tidak akan ada lagi bank seperti itu. Ini yang menjadi misi ke depan BSG. “Kita harus mendigitalisasi transaksi-transaksi BSG dalam rangka perkembangan ke depan,” ungkapnya.

Dua tahun terakhir ini, kata Pepah, transaksi BSG di teller mengalami penurunan 39 persen. Hal ini dengan adanya mobile banking dan SMS banking. Nasabah tidak perlu lagi datang ke bank. “Dulu transfer harus isi formulir, sekarang bisa transfer 100 juta per hari, dengan dua kali transfer masing-masing 50 juta. Cukup dengan melakukan download aplikasi BSG Touch, sudah bisa melakukan transfer seperti itu, hanya dengan menggunakan gadget, tidak perlu lagi datang di teller,” terang Pepah.

Dengan begitu, ditambahkan Pepah, bank digital sudah harus dilakukan BSG karena transaksi di teller sudah menurun. Dampaknya, ada kantor kas BSG direlokasi bahkan ditutup. “Tahun ini ada 4 kantor kas BSG yang akan ditutup, yakni di Megamas, Malalayang, Karombasan dan satu di Tomohon. Transaksi di empat kantor kas itu sudah menurun sekali, jadi kita bisa hemat sewa kantor dan sewa jaringan,” papar Pepah. (hgp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here