Ada Menu Ekstrem, Tomohon Dicanangkan Sebagai Kota Kuliner

0
130

METROklik – Menjelang pelaksanaan Tomohon International Flower Festival (TIFF) 2022, Kota Tomohon dicanangkan sebagai Kota Kuliner.

Pencanangan ini dilakukan Wakil Walikota Tomohon Wenny Lumentut SE, didampingi Ketua TP-PKK Kota Tomohon drg Jeand’arc Senduk-Karundeng, Sekretaris TP-PKK Eleonora Lumentut-Sangi, Ketua Umum TIFF 2022 Vonny Pangemanan, Ketua Dharma Wanita Persatuan Tomohon Tirsa Roring-Rawung, bertempat di kompleks Pasar Wilken Tomohon, Sabtu (30/072022).

“Saya mencanangkan Tomohon sebagai Kota Kuliner dan Festival Kuliner dalam rangka TIFF 2022 saya buka dengan resmi. Silahkan berkompetisi dengan baik. Dan ini akan menghasilkan sesuatu yang bermutu dan menggerakkan perekonomian Kota Tomohon,” ujar Wawali.

Dia mengatakan, memberi apresiasi dan ucapan terima kasih, karena panitia TIFF 2022, bersama unsur TP-PKK kota Tomohon, IWAPI dan Dharma Wanita Persatuan Kota Tomohon, di dalamnya ada Dinas Pangan, PD Pasar dan pelaku usaha kuliner, telah sukses memunculkan satu gagasan baru yang bersifat terobosan, kerena untuk pertama kalinya, selama sembilan kali penyelenggaraan TIFF.

“Nanti baru penyelenggaraan ke-sepuluh dan yang pertama di periode pemerintahan CSWL, barulah festival kuliner ini diangkat. Dan nampaknya benar-benar ingin menonjolkan sisi kreatifitasnya, dan ini patut diberi apresiasi,” ucap Lumentut

Terkait event ini, lanjut dia, ingin garis bawahi, bahwa ini bukan untuk ikut ramai atau ikut-ikutan saja. Tapi dengan ini, mau tunjukkan bahwa Pemerintah Kota sangat komit dengan visi, misi RPJPD dan RPJMD terkait kota pariwisata. Dengan even ini, Pemerintah Kota ingin benar-benar menggali potensi ekonomi kreatif yang masih belum terkelola dengan baik.

“Ini nantinya akan menjadi salah satu kekuatan ekonomi kerakyatan kota kita, yang berkarakteristikan Tomohon. Kerena ini akan menjadi sumber penerimaan masyarakat, tapi juga sumber penerimaan kota kedepan, dengan tentunya akan dikelola secara prudensial,” terang Wawali.

Adapun Festival Kuliner diwarnai dengan berbagai lomba, yaitu pada Sabtu 30 Juli 2022 Lomba Makanan Ekstrim dan Lomba Cucur Kreatif. Dan pada Kamis 11 Agustus 2022 akan dilaksanakan lomba cemilan kreatif dan lomba kopi tradisional

Ketua dan Sekretaris TP-PKK Kota Tomohon, Ketua DWP Kota Tomohon dan Ketua Umum TIFF 2022 meninjau secara langsung seluruh peserta demo masak lomba makanan ekstrim.

Hadir juga Jajaran Pemerintah Kota Tomohon, Panitia TIFF 2022, para juri dan peserta lomba. (mew)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here