Program Smart City Pemkot Tomohon Terus Berlanjut, CSWL Hebat

0
54

METROklik – Kota Tomohon di bawah kepemimpinan Walikota Caroll Senduk SH (CS) dan Wakil Walikota Wenny Lumentut SE (WL), terus melahirkan program hebat.

Seperti halnya program Gerakan Menuju Kota Cerdas (Smart City). Walikota Tomohon Caroll Senduk SH yang diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Tomohon Dra Lilly Ester Solang, mengikuti Evaluasi Program Smart City pada Rabu (05/10/2022), bertempat Ruang Rapat Sekretariat Daerah.

Pada kesempatan itu Solang memaparkan program-progam Smart City yang sudah dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Tomohon dari 6 dimensi Smart City, yaitu Smart Governance, Smart Branding, Smart Economy, Smart Living, Smart Society dan Smart Environment.

Selanjutnya dilaksanakan diskusi dan tanya jawab dari Tim Assesor Smart City Nasional. Diantaranya Rini Rachmawati sebagai Akademisi Universitas Gadjah Mada, Hari Kusdaryanto dari CitiAsia Inc, Teddy Sukardi dan Mariam Barata dari Ikatan Konsultan Teknologi Informasi Indonesia.

Sejak dilaunching pada Tahun 2017 ”Gerakan Menuju 100 Smart City”, berdasarkan hasil assessment tim ahli yang bekerjasama dengan Kemkominfo. Terpilihlah Kota Tomohon menjadi salah satu daerah yang masuk dalam program pendampingan dan menjadi 25 kota dan kabupaten pertama sebagai pilot project yang dibina.

Adapun target pembangunan Kota Pintar (Smart City) nasional, akan melahirkan pemerintah daerah yang solutif dalam menangani masalah ekonomi, penduduk, birokrasi, transportasi serta lingkungan hidup. Agenda lain yang juga diselesaikan dalam Smart City yakni menghubungkan infrastruktur fisik, infrastruktur IT, infrastruktur sosial dan bisnis infrastruktur untuk meningkatkan pembangunan kota.

Dalam rangka menjawab Visi Misi dari Walikota Caroll Senduk SH dan Wakil Walikota Wenny Lumentut SE, Kota Tomohon periode 2021-2024, terkait pembangunan lima tahun kedepan, Dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Tomohon Tahun 2021-2026 telah memuat tujuan dan sasaran. Serta sebelas prioritas pembangunan daerah termasuk dua puluh program unggulan, diantaranya program Smart City.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Kepala Dinas Kominfo Royke A Roeroe SP MAP, Inspektur, Jeane A Bolang SH MH, Kepala Dinas PMPTSP Ir Ervins DH. Liuw Msi, Kepala BPKPD Drs Geraldus E Mogi, Kepala Dinas PUPR Ir. Enos Pontororing Msi, Kepala Disdukcapil Albert J Tulus SH, Kepala BPBD Hengkie Supit SIP, Kepala Dinas Kesehatan dr Jhon Lumopa, Kepala Dinas Perhubungan, Joppie R Kalangi SH, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Ir Nova Rompas, Kepala Dinas Perkim Joice Taroreh ST MSi. Serta pejabat eselon III dan staf perwakilan dari Perangkat Daerah Pemerintah Kota Tomohon. (hgp)

Media-hut-kota-tomohon-minsel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here