Dikepemimpinan CSWL, Tomohon “Banjir” Prestasi di HUT Ke-20

0
81

METROklik – Kota Tomohon berusia 20 tahun, Jumat (27/01/2023). Di usia tersebut banyak prestasi yang terukir di bawah kepemimpinan Walikota Caroll Senduk SH (CS) dan Wakil Walikota Wenny Lumentut SE (WL).

Hal ini terungkap saat Walikota Caroll Senduk memberikan sambutan di Rapat Paripurna Istimewa DPRD dalam rangka memperingati HUT Kota Tomohon yang ke 20.

“Pemerintah kota Tomohon berterima kasih, serta memberikan apresiasi kepada masyarakat Kota Tomohon karena telah berkontribusi, memberikan peran aktif dan dukungan dalam menyukseskan program-program Kota Tomohon, sehingga mampu mencapai keberhasilan,” ujar Senduk.

Dia mengatakan, keberhasilan
antara lain di bidang kesehatan, kecakupan tertinggi vaksinasi Covid-19 tertinggi kelompok Lansia dan kelompok usia anak. Selain itu, pencapaian Universal health Coverage tertinggi, serta keberhasilan Rumah Sakit Umum Daerah teradkreditasi sempurna.

“Juga perlu diketahui bahwa untuk masyarakat Kota Tomohon diberikan pelayanan kesehatan gratis,
melalui program-program Jaminan persalinan (Jampersal), BPJS Kesehatan maupun melalui fasilitas Kesehatan lainnya,” ungkap Walikota.

Dibidang pendidikan, lanjut dia, semakin maju dan berdaya saing yang didukung program sekolah penggerak dan tersedianya guru penggerak,
pelatih ahli, fasilitator dan pengajar praktik sebagai motor terjadinya tranformasi Pendidikan.

Selain itu pertasi bidang akademi dan non-akademi serta adanya prestasi 5 guru yang di undang ke Australia dalam program BRIDGE Australia- Indonesian School Partnerships,
serta 5 siswa yang menjadi lulusan Nasional di ajang Gala siswa Indonesia.

“Di tahun 2022 juga ada 16 siswa asal Tomohon yang mengikuti Program Beasiswa Teacher College, kerjasama antara Pemerintah Kota Tomohon dan Universital Pelita Harapan Jakarta. Hal ini menunjukan peningkatan Sumber Daya Manusia yang semakin baik,” terang Senduk.

Di bidang pariwisata, dia mengatakan, suksesnya gelaran Tomohon International Flower Festival dan pembangunan objek wisata baru seperti Tekaan Telu, Batu lapis Tambulinas dan Air Panas Lahendong. Serta semakin mewujudkan upaya dalam mewujudkan Tomohon sebagai Wisata Dunia. Hal ini didukung juga dengan keberhasilan di bidang Pertanian.

Diharapkannya, kedepan dapat terus berlanjut kemajuan dan keberhasilan pada bidang-bidang tersebut, juga
diikuti dengan keberhasilan dalam Pengelolaan Keuangan Daerah yang meraih opini wajar tanpa pengecualian 9 kali berturut-turut. Terbaik kedua tingkat Kota se-Indonesia untuk kategori realisasi PRD tertinggi dan realisasi belanja tertinggi tingkat Kota se-Indonesia.

“Sebagai bentuk perhatian Pemerintah terhadap maysarakat sepanjang tahun 2022, telah direalisasikan bantuan-bantuan sosial seperti pemberian Insentif kepada lansia, santunan duka, pemberian Insentif kepada tokoh agama, bantuan sosial kepada para penyandang disabilitas, korban bencana, 200 siswa miskin, 800 tukang ojek, dan 2000 pelaku UMKM,” papar Walikota.

Dia menambahkan, pada tahun 2022 Pemerintah Kota Tomohon telah menyelesaikan Pembangunan Michi No Eki atau Stasiun tepi jalan, kerjasama antara Pemerintah Kota Tomohon dengan Pemerintah Kota Minamiboso jepang dan JICA.

Segala keberhasilan dari Pemerintah kota Tomohon karena sinergitas dan dukungan penuh dari Pemerintah Sulawesi Utara. Karena itu kami atas nama Pemerintah kota Tomohon dan masyarakat mengucapkan banyak terima kasih kepada Gubernur Sulawesi utara dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara.

“Selaku Pemerintah Kami mengajak seluruh Masyarakat Kota Tomohon marilah kita bersama-sama bergandeng tangan dalam menyukseskan Program-program di tahun 2023 ini,” ajak Walikota. (hep)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here