Kendalikan Inflasi, BI Sulut Terus Bersinergi dengan Pemerintah Daerah

0
141

METROklik – Bank Indonesia (BI) terus bersinergi dengan Pemerintah Propinsi Sulut dan pemerintah kabupaten dan kota, untuk mengendalikan inflasi.

Bentuk sinergitas ini, dengan melaksanakan High Level Meeting (HLM) dengan TPID dan TP2DD. Kali ini dengan TPID dan TP2DD yang ada di Kabupaten Mitra, bertempat di Kantor Perwakilan BI Sulut, Kamis (16/3/2023).

Rapat ini dipimpin Kepala KPw BI Sulut, Andry Prasmuko dan dihadiri Wakil Bupati Mitra Yoke Legi, serta anggota TPID dan TP2DD Mitra.

Rapat dilaksanakan guna persiapan menghadapi Hari Raya Idul Fitri 2023. BI sendiri merekomendasikan sejumlah poin penting yang akan ditempuh TPID terutama menjelang HBKN Idul Fitri 2023 guna mengendalikan inflasi Mitra.

“Program kerja yang kami usulkan, bersinergi dengan Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara antara lain pertama melanjutkan program Marijo Bakobong, untuk komoditas bawang merah, cabai rawit atau tomat, serta melaksanakan kompetisi sebagai apresiasi dan monitoring implementasi program,” kata Andry.

Lanjut dia, Bank Indonesia akan mengambil peran untuk membagikan 350.000 bibit barito ke seluruh Sulawesi Utara. Di Mitra, bibit akan diserahkan terutama untuk keluarga prasejahtera dan kelompok harapen Mitra yang nantinya akan disertai dengan pendampingan.

“Rekomendasi kedua yakni perluasan/replikasi pasar Bersehati Digital ke pasar lainnya di Sulawesi Utara. Kemudian, sinergi program SPHP dengan Bulog untuk menjaga ketersediaan bahan pangan,” terang Andry.

Dia menambahka , poin lainnya yaitu mengadakan kerja sama intra/antarwilayah untuk penyediaan bahan pangan. Diperlukan juga komunikasi yang efektif sebagai upaya pengendalian ekspektasi inflasi. Salah satunya dengan komunikasi bijak berbelanja dan perluasan kanal komunikasi ke pemuka agama. (hep)

IMG-20240405-202949 Pink-Simple-3-D-Ornament-Valentine-s-Day-Party-Invitation-20240410-095255-0000 Pink-Simple-3-D-Ornament-Valentine-s-Day-Party-Invitation-20240331-112737-0000

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here