Hasil Audit BPKP, Proyek Menara Pandang Gunung Tumpa tak Bermasalah

0
152

METROklik – Proyek Pembangunan Menara Pandang Gunung Tumpa, tidak ditemukan adanya temuan unsur korupsi. Hal ini setelah melalui proses pemeriksaan/ Audit dari Lembaga Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Sulut.

Hal ini sebagaimana dikatakan Kepala Dinas Pariwisata Kota Manado Esther Mamangkey, kepada sejumlah media, di Kantor Dinas Pariwisata Manado, Senin (24/04/2023).

”Sesuai dengan laporan evaluasi pengawasan pembangunan infrastruktur Pariwisata super prioritas Likupang dan KSPN Bunaken oleh BPKP Sulut nomor PE. 09.03/LHP- 057/ PW 18/2/23 tanggal 3 Maret 2023, merekomendasikan kepada Kepala Dinas Pariwisata Kota Manado agar mengusulkan anggaran untuk menyelesaikan Bangunan Menara Pandang sesuai fungsinya,” jelas Mamangkey.

Dia mengatakan, proyek ini dikerjakan oleh CV Berkat Saudara Makmur dengan total nilai Rp 1.543.304.000. Dimana, dibangun dua menara pandang di Lokasi Taman Hutan Raya Gunung Tumpa, anggarannya bersumber dari Dana Alokasi khusus (DAK) Kementeriaan Pariwisata tahun 2022.

Sementara Pejabat Pembuat Komitmen ( PPK) pada proyek tersebut Ezra Rondonuwu, menjelaskan bahwa setelah proyek ini berjalan, mereka menerima Detail Engenering Design ( DED) dan melakukan penghitungan kembali, ternyata ditemukan ada kekurangam volume di pekerjaan pembesian.

”Karena proyek ini strukturnya sudah tertulang, dan setelah dihitung kembali ada kekurangan Rp200 jutaan. kemudian Direksi melakukan rapat dan menghasilkan kesimpulan bahwa pengerjaan menara yang dibawah harus diselesaikan lebih dulu. Sementara Menara diatas, pengerjaannya hanya sampai di struktur bangunan, sementara finishingnya belum diselesaikan. Setelah melewati perhitungan, tidak mungkin kedua Menara diselesaikan secara bersamaan, hasilnya tidak akan maksimal,” bebernya. (hep/*)

Media-hut-kota-tomohon-minsel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here