Seminar Earth Day Tomohon Sukses Digelar, Petani Dibekali Ilmu Pengetahuan

0
90

METROklik – Seminar Earth Day, yang bertemakan Tomohon Menuju Zero Pesticides, sukses digelar, Jumat (28/04/2024) bertempat di gedung Michi No Eki Pakewa Tomohon.

Walikota Tomohon yang diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Tomohon Dra Lilly Solang MM, menjelaskan pentingnya peran semua pihak untuk mengatasi permasalahan besar atau isu utama terkait perubahan iklim dan pengelolaan sampah.

“Walikota Tomohon Caroll Senduk berpesan agar rakyat Kota Tomohon semakin menumbuhkan kesadaran terhadap pelestarian lingkungan,” ujar Solang.

Dia mengatakan, bumi yang indah, bersih dan nyaman adalah kebutuhan jangka panjang bagi pemenuhan kualitas hidup anak cucu. Karena itu perubahan pola pikir harus segera dilakukan dimulai dari hal-hal terkecil, adalah wujud kepedulian kepada bumi atau lingkungan hidup.

“Jadi tak hanya tanggung jawab pemerintah menghadapi global warming atau pemanasan global, cuaca ekstrim, dan lainnya,” tuturnya.

Sementara, Dr Martina Langi sebagai Akademisi Unsrat yang juga Pakar Lingkungan sebagai narasumber, berpesan penggunaan pestisida dalam pertanian harus diatur dan dipantau dengan hati-hati guna memastikan keamanan dan efektivitasnya.

“Pestisida menyebabkan efek kesehatan akut atau kronis pada orang yang terpapar pestisida seperti kanker, cacat lahir, gangguan reproduksi, masalah saraf, masalah pernapasan, dan ketidakseimbangan hormon membahayakan organisme, ” tandasnya.

Sementara Ketua Panitia Seminar Earth Day 2022 Kota Tomohon, Judie Turambi mengapresiasi para petani dan kelompok masyarakat yang boleh ambil bagian dalam seminar ini.

“Dalam jangka waktu yang singkat, semua stakeholder akan bekerjasama untuk meminimalisir penggunaan pestisida yang berbahaya untuk kesehatan, ” ujar Turambi.

Dalam kegiatan seminar ini, para petani yang hadir mendapat pembekalan terkait pengolahan sayuran organik oleh Manajer Michi No Eki Pakewa Ervins Liuw. (hep)

IMG-20240405-202949 Pink-Simple-3-D-Ornament-Valentine-s-Day-Party-Invitation-20240410-095255-0000 Pink-Simple-3-D-Ornament-Valentine-s-Day-Party-Invitation-20240331-112737-0000

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here