4 Daun Ini Ternyata Berkhasiat Turunkan Kolestrol dan Darah Tinggi

0
147

METROklik – Obat-obatan herbal banyak ditemui di lingkungan kita untuk mengobati berbagai penyakit. Sebut saja kolestrol dan darah tinggi.

Ada sejumlah daun dikabarkan terbukti mampu memberikan manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh karena kandungan di dalamnya. Anda bisa mengonsumsi daun-daunan ini setiap hari bersama dengan obat kolesterol atau darah tinggi. Selain itu, penting juga untuk menjalankan gaya hidup sehat.

Berikut daftar daun penurun kolesterol dan darah tinggi :

  1. Daun Kemangi

Daun kemangi mengandung banyak vitamin, mineral, dan antioksidan seperti lutein, zeaxanthin, beta-karoten, dan beta-cryptoxanthin. Eugenol dalam daun kemangi bisa memblokir saluran kalsium, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Minyak esensial dalam kemangi juga bisa membantu menurunkan kolesterol dan trigliserida.

  1. Daun Salam

Daun salam mampu memberikan manfaat kesehatan umum, seperti menurunkan kolesterol. Selain itu, adanya kandungan flavonoid di dalam daun salam bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Daun salam bisa meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah. Penelitian awal mengenai ini pernah dilakukan dan menunjukkan bahwa minum teh yang terbuat dari daun salam setiap hari selama 10 hari sedikit meningkatkan kadar kolesterol baik.

  1. Daun Sirih

Penelitian telah menemukan bahwa daun sirih membantu menurunkan kadar kolesterol total, trigliserida, kolesterol low-density lipoprotein (LDL) dan kolesterol very low-density lipoprotein (VLDL). Selain itu, juga membantu meningkatkan kadar kolesterol high-density lipoprotein (HDL). Efek penurun lipid seperti daun sirih dikaitkan dengan adanya eugenol, antioksidan alami yang menetralkan radikal bebas. Eugenol menghambat biosintesis kolesterol di hati dan mengurangi penyerapan lipid di usus. Lebih lanjut meningkatkan katabolisme kolesterol LDL.

  1. Daun Seledri

Daun seledri tak hanya digunakan dalam masakan, tapi juga bisa menurunkan kolesterol dan darah tinggi. Secara umum seledri diketahui kaya vitamin, mineral, dan senyawa antioksidan. Kandungan tersebut mampu menangkal radikal bebas yang bisa menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan. (*)

Sumber : Sindonews.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here