BI Ajak Warga BMR Gunakan Pembayaran Digital

0
94

METROklik – Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Sulawesi Utara (Sulut), mengajak masyarakat Bolaang Mongodow Raya (BMR) menggunakan sistem pembayaran digital.

Hal ini sebagaimana mencuat pada kegiatan Kawanua Digifest Basuara, yang digelar KPw Sulut bersama pemerintah daerah dan Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) se-Bolaang Mongodow Raya (BMR) di Lapangan Mongkonai Kotambagu, Sabtu (21/10/2023).

“Kegiatan yang dihadiri ribuan warga ini bertujuan untuk mendorong digitalisasi daerah, sekaligus warga diajak meleksanakan pembayaran digitalisasi,” ujar Kepala KPw BI Sulut, Andry Prasmuko.

Dia menjelaskan, Kawanua Digifest Basuara meriah dengan rangkaian kegiatan yang meningkatkan user experience QRIS. Antara lain jalan sehat dan zumba, QRIS street food, lomba goyang KIS CBP Rupiah, Basuara Idol, TikTok QRIS, QRIS affiliator, lomba mewarnai anak, hingga konser QRIS. “Ada juga kegiatan penukaran uang logam dan peduli logam serta edukasi QRIS dan Cinta Bangga Paham Rupiah,” ucapnya.

Diharapkan, lanjut Andry, dari kegiatan ini dapat meningkatkan awareness dan literasi masyarakat terkait penggunaan sistem pembayaran digital, terutama QRIS sebagai game changer pembayaran digital. “Kegiatan ini mendorong implementasi berkelanjutan digitalisasi pembayaran, dan elektronifikasi transaksi Pemda Sulut,” jelas Andry.

Dia mengatakan, ini merupakan perluasan, dan penggunaan kanal pembayaran non tunai yang memberikan kemudahan, keamanan, transparansi, serta kelancaran sistem pembayaran yang berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi termasuk mendorong peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Kawanua Digifest Basuara adalah upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi di BMR, melalui digitalisasi transaksi. Kegiatan yang dilaksanakan juga bagian dari launching retribusi daerah se-Bolmong Raya,” tandasnya.

Sementara Wakil Gubernur (Wagub) Sulut, Steven Kandouw mengatakan bertransaksi secara nontunai, melalui ATM, mobile banking, dan QRIS, amat mudah, aman, serta mendorong cashless society.

Diketahui, dalam launching retribusi daerah QRIS yang didukung Bank SulutGo (BSG) di mana retribusi parkir jalan terminal Kotamobagu, retribusi wisata air panas bakan Bolaang Mongondow (Bolmong), retribusi pelayanan kesehatan puskesmas Tutuyan Bolaang Mongondow Timur (Boltim), retribusi Pelayanan Kesehatan RSUD Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), serta retribusi pelayanan kesehatan RSUD Boroko di Bolmut bisa dilakukan melalui QRIS.

Hadir dalam kegiatan ini Penjabat Walikota Kotamobagu, Asripan Nani, bersama kepala daerah se-BMR, Direktur Utama BSG Revino Pepah, beserta Pimpinan Cabang BSG se-BMR,serta Pimpinan SKPD terkait yang merupakan anggota Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah. (hep)

hutri < IMG-20240617-WA0052

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here