Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi Sulut, BI Rekomendasi Beberapa Penguatan

0
50

METROklik – Untuk mengakselerasi pertumbuhan ekonomi Sulawesi Utara (Sulut), Bank Indonesia (BI) Sulut merekomendasikan beberapa langkah penguatan.

Hal ini sebagaimana diutarakan Deputi Kepala Perwakilan BI Provinsi Sulut Fernando R Butarbutar, pada pertemuan tahunan BI 2023 : Sinergi memperkuat Ketahanan dan Kebangkitan Ekonomi Nasional, di Kantor BI Sulut, Rabu (29/11/2023).

Langkah-langkah penguatan tersebut adalah :

  1. Sinergi mendorong pertumbruhan ekonomi dan pengendalian inflasi melalui penguatan data dan informasi terkait dengan profil UMKM dan Kelompok tani potensial dibiayai.
  2. Sinergi dalam promosi investasi, perdagangan, dan pariwisata, mengingat peran investasi dan ekspor dalam mendorong pertumbuhan ekonomi Sulut cukup tinggi (pangsa PMTB dan Ekspor mencapai 60,08%).
  3. Sinergi dalam implementasi sistem pembayaran digital, termasuk elektronifikasi transaksi Pemda.

Fernando mengatakan, perekonomian Sulawesi Utara pada tahun 2023 diprakirakan akan tumbuh pada kisaran 5,10%–6,10% (yoy) dan tumbuh lebih baik lagi seiring dengan trajektori perbaikan pertumbuhan di kisaran 5,20%-6,20%(yoy) pada tahun 2024.

“Adapun untuk inflasi IHK Sulawesi Utara pada tahun 2023 diprakirakan akan lebih tinggi dari tahun sebelumnya namun tetap berada dalam sasaran nasional 3,0%±1%,” ujarnya.

Pada pertemuan yang dihadiri oleh SKPD Provinsi Sulawesi Utara, instansi vertikal, perbankan, pelaku usaha, akademisi dan media, Bank Indonesia Sulawesi Utara memberikan penghargaan/apresiasi pada 16 mitra strategis, yang telah mendukung pelaksanaan tugas-tugas Bank Indonesia di Sulawesi Utara selama tahun 2023. (hep)

Media-hut-kota-tomohon-minsel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here