KPU Tomohon Minta Media Kawal Setiap Tahapan Pemilu 2024

0
163

METROklik – Media diminta mengawal setiap tahapan Pemilu yang kini mulai berlangsung. Sebab media mampu menjangkau kelompok masyarakat di berbagai daerah. Sementara, seluruh tahapan Pemilu juga perlu diketahui masyarakat.

Hal ini dikatakan Ketua KPU Kota Tomohon Albertien V Pijoh, saat media gathering bersama seluruh insan pers Kota Tomohon, bertempat Grand Master Resort, Rabu (13/12/2023).

“Media gathering ini untuk menyongsong kebersamaan media dalam menyebarkan informasi mengenai Pemilu 2024 mendatang. Ada sekitar puluan pegiat media yang hadir mengikuti kegiatan ini,” ujar Pijoh didampingi Komisioner KPU Deisy Soputan, Rojer Datu, Youne Simangunsong dan Arinny Poli.

Dia pun membeberkan beberapa tahapan yang sudah dilaksanakan oleh pihak KPU Tomohon seperti coffie morning. Dan kali ini mengadakan media gathering dan mengundang narasumber.

“Sekarang ini tahapan mulai di penghujung. Namun saya akan beberkan tahapan yang sudah dilaksanakan oleh KPU selama ini. Meliputi, tahapan pendaftaran partai politik itu sudah kami laksanakan. Kemudian, pencalonan dari parpol untuk caleg-calag itu juga sudah selesai. Dan proses pengurusan daftar pemilihan (Dapil). Dari 3 dapil menjadi 4 dapil dan kursi anggota dewan dari 20 menjadi 25 kursi sejalan dengan jumlah penduduk, karena pada semester 1 tahun 2022 jumlah penduduk Kota Tomohon berjumlah 100 ribu,” bebernya.

Lanjut, sesudah itu masuk pencalonan setelah tahapannya verifikasi dan lain-lain. Setelah itu hasil akhir diumumkan calon legislatif Kota Tomohon berjumlah 202 calon.

“Dan partai yang mengusulkan calon hanya 12 parpol. Saat ini kita sedang fokus pada tahap kampanye  dan sudah dimulai pada tanggal 28 November dan akan berakhir pada tanggal 10 Februari 2024,” ungkapnya.

Pijoh menambahkan, dalam masa kampanye ini pihaknya sementara rekrutmen KPPS untuk disebarkan pada 700 TPS reguler plus 1 TPS LPK anak. “Itu sekarang sedang kami laksanakan. Pendaftarannya dimulai sejak tanggal 11 Desember,” jelasnya. (hep)

IMG-20240617-WA0052

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here