Hari Ke-5 Pelipatan Surat Suara Pemilu di Tomohon, Kerusakan Tidak Sampai Satu Persen

0
227

“Ketua KPU Tomohon Albertien Pijoh, bersama jajarannya memantau langsung proses pelipatan surat suara”

METROklik – Hingga hari ke lima proses pelipatan surat suara Pemilu 2024 di Kota Tomohon, kerusakannya  tidak sampai satu persen.

Kepastian ini dikatakan Ketua Panitia Pemilihan Umum (KPU) Kota Tomohon Albertien Pijoh, pada media online METROklik.com, Selasa (09/01/2024).

“Ini adalah hari ke-5 kami melakukan sortir dan pelipatan kertas surat suara. 4 jenis surat suara yaitu pemilihan presiden dan wakil presiden, DPD, DPR RI, DPRD Provinsi sudah selesai pengerjaannya. Dari hasil sortir didapati ada beberapa surat suara yang rusak untuk setiap jenis surat suara,” jelas Albertien.

Meski begitu, lanjut dia, kerusakan  tidak pada angka signifikan, yaitu tidak sampai satu persen. “Siang ini sudah mulai sortir dan lipat surat suara untuk  DPRD Kota Tomohon. Ada 79.730 lembar surat suara untuk setiap jenis surat suara,” ungkapnya.

Sementara dikatakan Ketua Bawaslu Tomohon Stenly Kowaas, sejauh ini  pelipatan surat suara di Kota Tomohon berjalan relatif baik. Beberapa surat suara yang masuk kategori rusak langsung disendirikan.

“Tapi memang torang tidak bisa awasi satu per satu semua petugas pelipatan  secara  continue, karena jumlah dari petugas ini  lebih dari 70 orang. KPU sendiri membatasi Pengawas dari Bawaslu yang bisa keliling meja per meja hanya 1 orang,” ujar Stenly.

Jadi, lanjut dia, tidak mungkin satu  orang pengawas   bisa mengawasi secara detil 80-an relawan pelipatan kertas suara tersebut. “Makanya torang so kase imbauan juga secara tertulis, agar dalam proses sortir/rekap dilakukan sesuai aturan,” tegas Stenly. (hep)

hutri < IMG-20240617-WA0052

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here