Program Pemberdayaan Pesantren, BI Hadirkan Panen Raya Demplot Pertanian Bawang Merah

0
103

METROklik – Bank Indonesia (BI) Sulut menghadiri kegiatan panen raya Demplot Pertanian Bawang Merah, yang merupakan salah satu program pemberdayaan Pesantren oleh BI Sulut, Selasa (09/01/2024).

“Selain bertujuan untuk pemenuhan kebutuhan pangan internal pesantren, program demplot pada lahan seluas 3.000 m2, juga  bertujun untuk memperkuat supply holtikultura di Kota Manado,” ujar Kepala Perwakilan BI Sulut Andry Prasmuka.

Dia menjelaskan, program demplot ini, KPw BI Sulut memfasilitasi bantuan teknis persiapan dan pengolahan lahan, penyaluran 300 kg bibit bawang merah dan sarana produksi untuk perawatan tanaman. Pendampingan teknis seperti pengukuran unsur hara tanah, pengolahan lahan, penanganan hama/penyakit, pembuatan pupuk organik, dan lainnya dilaksanakan langsung oleh Petani Unggulan Bank Indonesia (PUBI) komoditas bawang merah dari Kotamobagu melalui Klinik Pertanian.

“Dinas Pertanian Kota Manado juga turut mendukung program Demplot ini dengan menyediakan traktor untuk proses pematangan tanah. Ponpes Darul Istiqomah sendiri, berperan dalam penyediaan lahan dimana para santri melaksanakan penanaman dan perawatan bawang merah sejak Oktober 2023. Hal ini sekaligus merupakan bentuk edukasi pertanian dan pengembangan kapasitas teknis para santri, khususnya pada tingkat MTs dan MA,” jelas Andry.

Lanjutnya, program pemberdayaan pesantren Darul Istiqamah ini, bukan yang pertama kali dilakukan oleh BI Sulut. Dimana sebelumnya KPw BI Sulut juga melaksanakan serangkaian program bimbingan teknis dalam bidang pertanian dan wirausaha, pengembangan unit usaha Istiqamah Bakery, dan rumah pengolahan pupuk organik.

“Ke depan, model bisnis penanaman bawang merah di pesantren akan dilakukan secara berkelanjutan. Pengembangan dalam bentuk hilirisasi produk pertanian juga dilakukan untuk membentuk ekosistem halal value chain di lingkungan pesantren,” papar Andry. (hep)

IMG-20240617-WA0052

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here