Konferensi Pers Awal Tahun Pemkot Manado, Walikota Beber Soal Bantuan Lansia dan Dana Duka

0
173

METROklik – Walikota Manado Andrei Angouw dan Wakil Walikota dr Richard Sualang, mengikuti Konferensi Pers Awal Tahun 2024 bersama wartawan yang meliput di Pemkot Manado, bertempat di Aula Kantor BKPSDM Kota Manado, Kamis (11/01/2024).

Walikota mengatakan konferensi pers ini dimaksudkan agar dapat berkomunikasi dengan masyarakat lewat program-program yang dicanangkan oleh Pemerintah.

“Jadi ini bukan puji-puji tapi bagaimana program pemerintah bisa terkomunikasi dengan baik kepada masyarakat. Jadi saya berharap kita satu bahasa dan satu pandangan dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” ujar Andrei.

Lanjut dia, berbagai program yang selama ini sedangkan digalakkan, seperti masalah kesehatan bagaimana menyikapinya dengan memperkuat puskesmas-puskesmas.
Dibidang pendidikan adalah memperkuat kualitas pendidikan lewat anak didik termasuk membenahi fasilitas pendidikan serta peningkatan kualitas pendidikan lewat pelatihan-pelatihan.

Soal infrastruktur, Walikota menyinggung jalan dan saluran air yang sedang giatnya diperbaiki pemerintah Kota. Demikian soal penerangan lampu jalan yang sudah dilakukan pemasangan kurang lebih 6 ribuan PJU di Kota Manado.

“Prasarana dan sarana umum yang ada dilingkungan-lingkingan, sedang dilakukan perbaikan. Fakir miskolin, anak terlantar, lansia yang susah sudah dibantu oleh pemerintah kota. Khusus Lansia, ada 1.941 lansia yang layak untuk dibantu sudah dilakukan. Kalau kita bantu tidak tepat sasaran justru akan terjadi keributan ditengah masyaralat sebab akan terkesan tidak adil,” jelas Andrei

“Bantuan duka juga jalan sejak tahun 2022 dalam bentuk perlengkapan duka seperti kain kafan, peti mati yang tidak bisa diuangkan. Berharap agar kemiskinan ekstrim dapat kita tangani untuk melaksanakan target-target yang sudah dicanangkan secara nasional,” ungkapnya.

Walikota juga menyinggung soal penanganan sampah, sambil mencontohkan beberapa negara seperti Jepang soal kesadaran masyarakat dalam membuang sampah. TPA Sumompo akan difungsikan dengan baik. Artinya TPA Sumompo akan dikelola dengan baik.

“Soal air bersih akan ditingkatkan lewat pembenahan infrastruktur serta manajemen PDAM agar pelayanan air bersih kepada masyarakat benar-benar maksimal. Instalasi Pengelolaan Air (IPA) seperti di Paal Dua dan Lotta akan revitalisasi untuk peningkatkan pelayanan. Soal Pasar-Pasar di Kota Manado akan dibenahi termasuk aset-aset lainnya seperti MBW yang nantinya agar lebih baik,” paparnya.

Wakil Walikota dr. Richard Sualang menambahkan, lebih memperkuat arah komunikasi antara kalangan pers dengan Pemerintah Kota. Arah Komunikasi antara pemerintah dengan pers ini harus berjalan dengan baik. Seperti soal program-program pemerintah yang harus disosialisasikan kepada masyarakat sambil menggaris-bawahi apa yang sudah disinggung oleh Wali Kota soal pemberitaan yang sifatnya edukasi kepada masyarakat.

“Jadi informasi ini harus tersampaikan secara baik kepada masyarakat. Keluhan-keluhan yang ada ditengah masyarakat ketika akan diberitakan harus proporsional supaya ada keseimbangan,” kata Wawali.

Hadir dalam acara ini, Sekretaris Pemerintah Kota Manado Dr. Micler Lakat SH MH, Kepala SKPD, para camat dan pejabat Eselon lainnya. Juga hadir Ketua Aliansi Pers Manado (APM) Steven Rondonuwu beserta anggota APM. (mew/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here