301 Pengawas TPS di Tomohon Siap Bertugas di Pemilu 2024

0
182

METROklik – 301 Pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang nantinya akan bertugas di 301 TPS di Kota Tomohon dilantik, Senin (22/01/2024) kemarin, oleh masing-masing Ketua Panwas Kecamatan.

Pelantikan sendiri terpusat di 5 kecamatan, karena sesuai regulasi SK penetapan PTPS berada di bawah tanggung jawab Panwascam. “Syukurlah berjalan lancar,” ujar Ketua Bawaslu Kota Tomohon, Stenly Kowaas.

Dia mengatakan, proses seleksi sudah melewati berbagai fase, mulai dari administrasi, uji tanggapan masyarakat sampai wawancara. “Kami bahkan secara terbuka menyampaikan langsung kepada semua Parpol untuk ikut mencermati nama-nama calon PTPS, dan menyampaikan ke kami jika ada yang terafiliasi dengan Parpol, tim kampanye, dan atau ornamen peserta Pemilu lainnya,” tegasnya.

Ia menambahkan, setelah dilantik PTPS akan dibekali dengan bimbingan teknis agar supaya saat bertugas bisa tahu tentang Tupoksi di lapangan nanti. “Kejahatan terbesar Pemilu kalau ada yang menambah dan mengurangi perolehan suara. Makanya tugas PTPS sangat strategis dan juga berat dalam menangkal,” tutup Kowaas. (hep)

hutri < IMG-20240617-WA0052

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here