Dorong Optimalkan Transaksi Non Tunai, BI Siapkan Uang Lebaran Rp1,5 Triliun

0
108

METROklik – Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Sulut mendorong, masyarakat untuk mengoptimalkan transaksi pembayaran secara non tunai. Di antaranya QRIS, memperluas kepesertaan BI-FAST termasuk kanal layanan dan akseptasi masyarakat.

Hal ini dikatakan Kepala Kantor BI Perwakilan Sulut Andy Prasmuko, saat membuka kegiatan Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idulfitri (Serambi) 2024, Senin (18/03/2024).

“Mendorong juga Penyedia Jasa Pembayaran (PJP) untuk mempersiapkan infrastruktur guna menghadapi peningkatan transaksi di bulan Ramadan dan Idulfitri 1445 H. Sejalan dengan itu, Bank Indonesia menempuh langkah strategis guna memastikan kelancaran sistem pembayaran non tunai,” ujar Andry.

Menghadapi Ramadan dan Idulftri 2024 di Sulut, lanjut dia, Bank Indonesia menyiapkan uang Rp1,5 triliun. Jumlah ini meningkat signifikan yakni 41,4 persen dibanding tahun 2023 lalu yang hanya Rp1,1 triliun.

“Peningkatan ini sesuai dengan pertumbuhan ekonomi, sehingga kita menyediakan uang lebih banyak lagi. Selain itu, proyeksi kebutuhan uang ini juga telah mempertimbangkan mobilitas masyarakat selama periode RAFI 2024 serta perluasan akseptasi pembayaran digital,” ungkap Andry.

Secara nasional, menurut Andry Bank Indonesia menyiapkan Rp197,6 triliun, atau meningkat 4,65 persen dibanding tahun 2023 yang sebesar Rp188,8 triliun.

Ia mengatakan, kondisi perekonomian Sulut saat ini sedang dalam keadaan baik. “Ekonomi Sulut tumbuh cukup bagus. Kalau perekonomian tumbuh, pendapatan pasti naik. Perputaran uang ada. Daya beli juga cukup kuat, walaupun memangbelum seperti kondisi normal,” jelasnya.

Melalui kegiatan Serambi 2024, Bank Indonesia kembali mengajak perbankan dan masyarakat di Sulut untuk “Cinta, Bangga, Paham Rupiah”. Implementasi Cinta dengan merawat Uang Rupiah, Bangga dengan menggunakan Uang Rupiah, dan Paham dengan menggunakannya secara bijak.

CBP Rupiah merupakan perluasan edukasi Rupiah yang tidak hanya terbatas pada edukasi terkait keaslian Rupiah (3D – Dilihat Diraba Diterawang) dan cara merawat Rupiah (5T – Tidak Melipat, Tidak Mencoret, Tidak Meremas, Tidak Membasahi, Tidak Menstaples) namun juga mencakup peran Rupiah sebagai simbol dan identitas Bangsa serta fungsi Rupiah dalam perekonomian secara menyeluruh. (hep)

hutri < IMG-20240617-WA0052

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here