Ini Gerak Cepat Pemkot Tomohon Tangani Persoalan Sampah di TPA Taratara

0
169

“Ketua TP PKK drg Jeand’arc Senduk Karundeng turun langsung membersihkan sampah”

METROklik – Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon, dibawa kepemimpinan Walikota Caroll Senduk SH, menindaklanjuti keluhan masyarakat Kelurahan Taratara, Kecamatan Tomohon Barat, atas tumpukan sampah yang dibawa mobil pengangkut nyaris menutupi badan jalan di seputaran kompleks Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Tak tanggung-tanggung, aksi terpuji dipimpin Ketua TP-PKK Kota Tomohon drg Jeand’arc Senduk-Karundeng bersama jajaran terkait, membersihkan sampah-sampah tersebut, meski masih dalam liburan Idul Fitri pada Rabu (11/04/2024).

“Secara bertahap sampah yang berserakan, diangkut dipindahkan ke tempat semestinya. Dari laporan memang ada masalah teknis terkait mesin atau alat berat yang biasa dioperasikan,” ungkap Jeand’arc.

Dia pun berharap kepada masyarakat, agar disiplin untuk memilih dan memilah sampah. Biar nantinya gampang untuk diangkut atau didaur ulang. “Kesadaran menjaga lingkungan bersih dan asri, penting juga dimiliki oleh masing-masing pribadi,” tambah Jeand’arc.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Daerah Kota Tomohon John Kapoh mengakui, terkait dengan kondisi saat ini di TPA Taratara, dari sisi pengelolaanya terkendala dengan alat berat operasional.

“Pengelolaan TPA memang perlu peningkatan sarana, lebih khusus alat eksavator dalam masa perbaikan. Kondisi alat berat yang sudah uzur, tak prima lagi. Sudah beberapa kali diperbaiki beberapa onderdilnya, tapi memang belum bisa difungsikan sebagaimana normalnya,” terang Kapoh.

Olehnya, Kapoh melanjutkan, dalam penanganan sampah kali ini, DLH bekerja sama dengan Dinas PUPR dan BPBD. Dan bersyukur sudah lebih baik kondisinya dari sebelum.

Disentil terkait adanya informasi soal adanya oknum-oknum yang membuang sampah dalam jumlah besar.l, Kapoh menjelaskan, pihaknya akan mencoba menelusuri perihal kebenaran hal itu.

“Ada info memang, dimana ada oknum-oknum yang membuang sampah bukan dari petugas DLH. Hal ini sementara kita telusuri. Dan perlu diketahui juga, ada beberapa titik di TPA yang sudah tak memungkinkan lagi untuk menampung sampah. Dengan kondisi tersebut, sebagai pimpinan saya juga menginstruksikan kepada petugas, untuk memprioritaskan masalah atau aspek keselamatan,” terangnya. (hep/*)

hutri < IMG-20240617-WA0052

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here