Jadi Irup Harkitnas, Walikota CS : Wujudkan Kebangkitan Kedua Menuju Indonesia Emas

0
54

METROklik – Walikota Tomohon Caroll Senduk SH (CS) menjadi Inspektur Upacara (Irup) Peringatan ke-116 Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) bertempat di Lapangan Kantor Walikota Tomohon, Senin (20/5/2024).

Walikota saat membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Budi Arie Setiadi, tema Harkitnas tahun ini “Kebangkitan Kedua Menuju Indonesia Emas”.

Dia mengatakan, lebih dari seabad lalu, tepatnya pada 20 Mei 1908, lahir organisasi Boedi Oetomo yang di masa itu telah menumbuhkan bibit bagi cita-cita mewujudkan kemerdekaan Indonesia. Hari berdirinya Boedi Oetomo inilah yang kelak menjadi simbol dari hari kebangkitan nasional yang kita rayakan hari ini.

“Organisasi Boedi Oetomo bermula dari sejumlah dokter dan calon dokter di Batavia yang berkumpul mendirikan suatu organisasi modern. Banyak orang menaruh harapan pada organisasi ini dan menganggapnya sebagai motor penggerak gerakan Kemerdekaan di tanah Hindia Belanda,” ujar Walikota.

Lanjut Walikota, Van Deventer, seorang tokoh politik etis belanda, menyatakan: “Sesuatu yang ajaib sedang terjadi, insulinde molek yang sedang tidur, sudah terbangun”. Boedi Oetomo menjadi awal mula tempat orang belajar dan berdebat tentang banyak hal. Seperti pentingnya pendidikan barat bagi rakyat Hindia Belanda, serta penyebaran pendidikan bagi seluruh lapisan masyarakat tanpa memandang priayi atau bukan.

“Apa yang telah dirintis Boedi Otomo dilanjutkan oleh banyak organisasi lain yang muncul belakangan. Nasionalisme Jawa khas Boedi Oetomo diperluas menjadi Nasionalisme yang mencakup keseluruhan orang-orang di Hindia Belanda. Pendidikan yang hanya ditujukan pada priayi Jawa diperluas menjadi pendidikan untuk seluruh rakyat bumiputera,” jelasnya.

Walikota menambahkan, hari ini kita berada pada fase kebangkitan kedua, melanjutkan semangat kebangkitan pertama yang telah dipancangkan para pendiri bangsa. Berbeda dengan perjuangan yang telah dirintis lebih dari seabad yang lalu, kini kita menghadapi beragam tantangan dan peluang baru. Kemajuan teknologi menjadi penanda zaman baru.

Diketahui, upacara ini dihadiri oleh Ketua TP-PKK Kota Tomohon drg Jeand’arc Senduk- Karundeng, Sekretaris Daerah Kota Tomohon Edwin Roring, SE ME, Kajari Tomohon Alfonsius Gebhard Loe Mau, SH, MH, Korwil BIN Tomohon Ahmad Firgaus, Kapolres diwakili Wakapolres Kompol Parura Amping, Tenaga Kontrak dan Pegawai BUMD yang ada di Lingkungan Pemerintah Kota Tomohon.(hep)

IMG-20240617-WA0052

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here