Dibuka Presiden, Walikota Senduk Ikuti Rakornas Pengendalian Inflasi

0
159

METROklik – Walikota Tomohon Caroll JA Senduk SH didampingi Staf Ahli Walikota Ir Nova Rompas, Rabu (25/8/2021) mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Inflasi Tahun 2021, yang dilakukan secara virtual di ruang kerja kediaman Walikota Tomohon.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo di Istana Negara.

Dalam sambutan Presiden menekankan terkait Tim Pengendalian Inflasi Pusat (TPIP) dan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) untuk terus menjaga ketersediaan stok dan stabilitas harga barang-barang, utamanya barang kebutuhan pokok.

“Selain itu TPIP dan TPID dimintakan tidak hanya fokus mengendalikan inflasi saja, tetapi juga harus proaktif mendorong sektor ekonomi yang tumbuh makin produktif, membantu meningkatkan produktivitas petani dan nelayan, memperkuat sektor UMKM agar mampu bertahan dan bisa naik kelas, dan ketiga kita harus memanfaatkan momentum pandemi ini untuk meningkatkan nilai tambah di sektor pertanian,” tandas Presiden.

Sementara itu, Walikota Senduk menjelaskan sebagai upaya pengendalian inflasi di Kota Tomohon, pihaknya didalamnya TPID Kota Tomohon telah melaksanakan langkah-langkah seperti membahas program unggulan masing-masing Perangkat Daerah bersama Instansi terkait, baazar murah dalam rangka hari raya keagamaan serta pemantauan harga pangan.

“Program unggulan Perangkat Daerah Kota Tomohon bersama Instansi terkait sebagai penunjang pengendalian inflasi daerah Kota Tomohon saat ini. Diantaranya melalui Perangkat Daerah terkait terus melakukan pemantauan harga dan stok barang kebutuhan pokok dan barang penting pada pasar rakyat yang terintegrasi dalam sistem informasi perdagangan,” jelasnya.

Lebih lanjut Walikota menuturkan ditengah pandemi covid 19 saat ini, pihaknya mengajak masyarakat Kota Tomohon terlebih anak- anak muda untuk dapat memanfaatkan lahan yang ada.

“Belajar, bentuk dan libatkan kelompok tani serta instansi pemerintah terkait. Traktor dan alat- alat pertanian sudah kami siapkan gratis, benih kami siap bantu sambil penyuluh pertanian akan mengajarkan bagaimana cara mengembangkan pupuk organik agar kita tidak terlalu berharap pada pupuk subsidi yang jumlahnya terbatas,” ajak Walikota Senduk. (ino)

Media-hut-kota-tomohon-minsel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here