Setahun Beroperasi, Produk MNE Pakewa Siap Go Internasional

0
64

METROklik – Setelah satu tahun beroperasi, produk Michi No Eki (MNE) Pakewa Kota Tomohon siap go internasional atau siap untuk diekspor.

Hal ini sebagaimana dikatakan Direktur MNE Pakewa Vonny Pengemanan saat konferensi pers, Sabtu (25/5/2024).

“Michi No Eki Pakewa ini kerja sama dengan Kota Minamibosho di Jepang yang difasilitasi JICA. Mereka meminta agar ada satu atau dua pr oduk unggulan di Michi No Eki Pakewa Tomohon dapat diekspor ke Jepang,” ujar Vonny di dampingi pengurus MNE lainnya, Novi Politon, Jacoba Roeroe dan Judie Turambi.

Oleh sebab itu, lanjut Vonny, Michi No Eki Pakewa Tomohon telah mempersiapkan produk unggulan untuk diekspor ke Jepang. Seperti halnya produk UMKM dan kerajinan. Namun harus dipenuhi dulu standar-standar ekspor tersebut. “Yang pasti kami mengupayakan pengembangan produk-produk tersebut untuk diekspor. Namun diperlukan juga komitmen dengan pelaku usahanya agar memenuhi standar ekspor,” terang Vonny.

Sebetulnya, lanjut dia, sudah pernah melakukan ujicoba ekspor. Seperti ekspor bunga ke Singapura. Kendala yang ada mereka meminta 5000 batang bunga, tapi yang disediakan petani hanya 2000 batang. “Jadi perlu kesiapan dari petani itu sendiri,” ungkap Vonny, seraya menambahkan, Michi No Eki Pakewa Tomohon selalu memfasilitasi untuk memasarkan produk pertanian maupun UMKM. (hep)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here