Termasuk Kota Tomohon, Presiden Jokowi Apresiasi Daerah Peraih WTP dari BPK-RI

0
60

METROklik – Walikota Tomohon Caroll Senduk SH, menghadiri acara penyampaian hasil pemeriksaan BPK-RI atas pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara, yang dilaksanakan di Cendrawasih room-Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta Pusat, Senin (08/07/2024).

Kegiatan ini dihadiri oleh Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia, Pimpinan BPK-RI, Pimpinan Lembaga Negara, Pimpinan Kementerian/Lembaga RI, Gubernur, Ketua DPRD propinsi, Pimpinan BUMN dan Rektor, Bupati/Walikota dan Ketua DPRD kab/kota seluruh Indonesia, serta pimpinan BPK perwakilan seluruh Indonesia.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan penghargaan dan apresiasi serta terima kasih kepada BPK RI yang telah melaksanakan tugas pemeriksaan keuangan negara dan terus meningkatkan profesionalismenya dalam fungsi pemeriksaan.

“Juga saya ingin menyampaikan selamat kepada seluruh jajaran pemerintah pusat dan daerah atas predikat WTP dalam Laporan Keuangan Pemerintah tahun ini,” kata Presiden Jokowi mengapresiasi dalam sambutannya.

Meski begitu, Presiden Jokowi mengingatkan bahwa predikat WTP bukan sebuah prestasi melainkan kewajiban pemerintah pusat dan daerah di dalam mengelola APBN dan juga APBD. “Ini adalah kewajiban menjalankan APBN/APBD secara baik, serta kewajiban mempertanggung jawabkan secara baik pula,” tuturnya.

Di hadapan seluruh menteri dan kepala daerah, Presiden Jokowi menjelaskan tentang kondisi global yang sedang bergejolak. Ekonomi global tumbuh melambat yang tahun ini diperkirakan 3,2%.

“Alhamdulillah ini patut kita syukuri, ekonomi dan politik Indonesia sangat stabil. Ekonomi kita tetap tumbuh di atas 5%. Kita tahu di kuartal pertama tahun ini ekonomi kita tumbuh 5,11%, inflasi kita tetap terjaga,” ungkapnya.

Dikatahui, Kota Tomohon dibawa kepemimpinan Caroll Senduk SH berhasil mempertahankan predikat WTP selama sebelas kali berturut-turut atas Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kota Tomohon Tahun Anggaran (TA) 2023 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sulawesi Utara (Sulut).

Hadir mendampingi Walikota Tomohon, Plt. Inspektorat Kota Tomohon Albert Jani Tulus, SH dan Kabag Prokopim Christo Kalumata SSTP. (hep)

IMG-20240617-WA0052

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here