Bawaslu Ajak Media dan OKP Berpartisipasi Awasi Pilkada 2024

0
110

METROklik – Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tomohon melaksanakan kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Pengawasan Pemilu Partisipatif Bersama Media, Organisasi Masyarakat (Ormas) dan Pemilih Perempuan untuk Pilkada 2024 di Kota Tomohon.

Kegiatan ini berlangsung di Hotel Sutan Raja Minut, Jumat- Minggu (26-28/07/2024).

“Dari segi kuantitas, kami membutuhkan partisipasi dari seluruh lapisan masyarakat. Yang didalamnya ada Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP), media dan semua yang terundang,” ujar anggota Bawaslu Sulut Steffen Linu, di dampingi Bawaslu Kota Tomohon masing-masing, Stenly Jerry Kowaas, Handry Bertus Yanson Tumiwuda dan Yossi Kristian Korah, saat membuka kegiatan.

Steffen mengatakan, program ini dilaksanakan oleh Bawaslu RI hingga di kabupaten/kota. Yang dibicarakan terkait dengan kelembagaan kami. “Berbeda halnya dengan teman-teman KPU, bahwa jajaran kami ditingkat provinsi, kab/kota bahkan panwascam hingga ke kelurahan itu berbeda jumlah,” terangnya

Lanjut Steffen, kenapa ada pengawasan Partisipatif? Artinya, berbicara terkait hak konstitusional itu, maka harus dimulai dari diri  sendiri.

“Saya memberikan contoh bahwa saat ini di Kota Tomohon telah selesai terkait dengan tahapan pencalonan yang berasal dari jalur perseorangan atau independen. Itu tahapan yang lebih dulu yang dimulai dengan pemenuhan syarat dukungan oleh yang akan berkontestasi,” ungkapnya.

Dia mengatakan, disitukan masyarakat diminta data-datanya apakah bersedia atau tidak dalam hal menyalurkan hak konstitusionalnya untuk memilih atau dipilih.

“Yang diawasi oleh jajaran kami adalah prosedur yang dilakukan oleh KPU melalui pantarlih sesuai syarat-syarat yang dipenuhi agar data-data administrasi sesuai aturan dan mekanisme yang ada. Dan untuk Kota Tomohon, itu sudah selesai dilaksanakan dan kami sudah mendapatkam laporan bahwa sudah seratus persen. Untuk saat ini dari Bawaslu sementara menyiapkan press rilis terkait dengan pengawasan dan pencocokan data  dan daftar pemilih,” paparnya.

Selanjutnya kata dia, saat ini sementara menunggu persiapan tahapan pendaftaran calon yang berasal dari partai politik. “Oleh sebab itu, ada juga tujuan dari pengawasan partisipatif dilakukan adalah bagaimana masyarakat bisa membantu kami minimal memberikan informasi awal kepada kami,” ujarnya. (hep)

hutri < IMG-20240617-WA0052

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here